syarat pengambilan jaminan bpkb di bank bri

Syarat Pengambilan Jaminan BPKB Di Bank BRI, Simak Penjelasannya

Salah satu produk BRI yaitu pinjaman dengan jaminan BPKB. BPKB tersebut akan disimpan di BRI sebagai jaminan selama tenor kredit belum lunas. Setelah angsuran terakhir dilunasi, tibalah waktunya untuk mengambil jaminan BPKB yang sebelumnya diagunkan, maka harus mengetahui  syarat pengambilan jaminan BPKB di Bank BRI agar BPKB tersebut bisa dimiliki kembali.

Syarat Pengambilan oleh Debitur

Apabila angsuran telah lunas, nasabah memiliki hak untuk mengambil agunannya kembali. Dalam hal ini, bila agunannya berupa kendaraan bermotor maka bukti jaminannya adalah BPKB. BPKB tersebut bisa diambil bila nasabah telah melunasi angsurannya. Berikut syarat pengambilan jaminan BPKB di Bank BRI:

  • KTP Nasabah bersangkutan harus yang asli untuk dilegalisir oleh pihak bank,
  • Kwitansi pelunasan atau bukti setoran terakhir. Apabila angsuran dilunasi sebelum waktunya atau dipercepat, harus melampirkan kwitansi pembayaran pelunasan dipercepat tersebut.
  • Pihak bank akan mencocokan data nasabah awal saat pengajuan dengan data di KTP terbaru saat mengambil BPKB, bila ditemukan nama berbeda atau alamat berbeda harus melampirkan syarat penunjang yaitu surat keterangan dari desa.
  • Apabila ditemukan nama nasabah berbeda dengan nama waktu awal pengajuan kredit, maka harus melampirkan surat keterangan beda nama dari desa yang berisi keterangan bahwa kedua nama tersebut adalah orang yang sama.
  • Demikian juga dengan alamat yang berbeda karena pindah rumah. Misalnya, nasabah beralamat di komplek A saat awal pengajuan kredit, setelah beberapa bulan kemudian, pindah ke komplek B serta alamat di KTP menggunakan alamat baru. Dalam kasus tersebut , harus melampirkan syarat pendukung yaitu surat keterangan pindah alamat dari desa.

Syarat Pengambilan bila Dikuasakan

Ada kalanya nasabah tidak bisa datang langsung untuk mengambil BPKB karena alasan tertentu, maka BPKB bisa diambil oleh orang yang ditunjuk nasabah untuk mengambilkannya. Berbeda dengan persyaratan sebelumnya, jika pengambilan BPKB dikuasakan harus melengkapi persyaratan berikut ini:

  • KTP asli nasabah dan KTP asli pihak yang dikuasakan.
  • Surat kuasa bahwa nasabah benar menguasakan pada orang tersebut untuk pengambilan BPKB di BRI. Surat kuasa dianggap sah, bila ditandatangani oleh keduanya. Selanjutnya pihak bank akan mencocokan tanda tangan di surat kuasa dengan KTP.
  • Tidak lupa juga untuk melampirkan bukti angsuran terakhir atau kwitansi pelunasan dipercepat.
  • Semua persyaratan tersebut harus diserahkan kepada petugas bank BRI di bagian pengambilan BPKB lalu akan diverifikasi oleh petugas bank. Jika sudah sesuai, bank akan menyerahkan BPKB kepada orang yang dikuasakan oleh nasabah.
Baca Juga  Syarat Pengajuan Pinjaman BRI, Perhatikan Agar Tidak Gagal!

Syarat Pengambilan oleh Ahli Waris

Beberapa kasus, nasabah meninggal dunia saat angsuran belum berakhir. Untuk kasus nasabah telah meninggal dunia, BPKB bisa diambil oleh ahli warisnya. Misalnya anak atau pasangannya selama masih satu KK. Berikut syarat yang harus dilengkapi:

  • KTP nasabah yang bersangkutan
  • KK agar bank mengetahui bahwa ahli waris tersebut masih ikatan keluarga dengan nasabah yang bersangkutan.
  • Surat kematian dari RT dan RW
  • Surat keterangan ahli waris dari desa. Persyaratan ini harus dilengkapi agar bank menjalankan prosedur yang benar bahwa BPKB diserahkan pada orang yang tepat. Bila suatu saat timbul permasalahan, maka surat ahli waris tersebut bisa dijadikan sebagai bukti.
  • Surat pernyataan bahwa BPKB diambil oleh ahli waris karena nasabah telah meninggal dunia.

Bank BRI memfasilitasi pinjaman kepada nasabahnya dengan jaminan BPKB mobil dan motor. BPKB tersebut akan disimpan di Bank BRI selama kreditnya belum lunas. Apabila kredit tersebut telah dilunasi, maka BPKB bisa diambil. Namun terdapat persyaratan khusus untuk mengambilnya, sehingga harus mengetahui syarat pengambilan jaminan BPKB di Bank BRI.

Pencarian Popular

cicilan terakir bank bri pengambilan jaminan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *