cara cek bi checking bank

Kenali Cara Cek BI Checking Bank Termudah

Ketika hendak mengajukan pinjaman dana ke bank, tidak serta merta disetujui tanpa eligibilitas dari nasabah tersebut. Bank akan menyetujui permohonan pinjaman dananya, bila nasabah memiliki rekam jejak bagus dalam pembayaran angsuran. Agar mengetahui hal tersebut, harus dilakukan pengecekan dahulu, maka harus mengetahui cara cek BI checking bank termudah.

1. Mengisi Formulir

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara cek BI checking bank yang dapat dilakukan melalui online dengan mengunjungi laman OJK lalu mengisi formulir untuk permohonan permintaan data tersebut. Informasi yang harus diketahui bahwa  BI Checking berubah  nama dengan SLIK (sistem layanan informasi keuangan) yang merekam jejak nasabah dalam pembayaran angsuran.

Meskipun berbeda istilah namun memberikan informasi yang sama yaitu SID (Sistem Informasi Debitur). Dahulu disebut BI Checking karena BI yang mencatat data SID tersebut dan sekarang disebut SLIK karena otorisasinya berada di bawah OJK yang ternyata mengeceknya lebih mudah, karena  dilakukan secara online.

2. Verifikasi Data Bila Disetujui

Apabila data di formulir online telah diisi, selanjutnya harus dikirimkan kepada OJK dengan cara klik submit/OK/YES. Formulir tersebut akan diterima oleh OJK  untuk divalidasi dan disetujui atau ditolak atas pengajuan BI Checkingnya. Informasinya akan diterima melalui email nasabah yang sebelumnya telah didaftarkan.

Nasabah harus melakukan verifikasi segera bila surat persetujuan telah diterima melalui email nasabah tersebut. Email untuk nasabah akan memberitahukan langkah-langkahnya untuk melakukan verifikasi, selanjutnya nasabah dapat melakukan verifikasi melalui WA. Email tersebut akan menginformasikan kontak WA yang harus dihubungi.

3. Cara Lain Pengecekan Dilakukan Secara Tatap Muka

Alternatif lain yang harus dilakukan sebagai cara cek BI checking bank tersebut bisa dilakukan dengan tatap muka langsung. Terdapat syarat khusus yang harus dipenuhi bila ingin mengajukan permohonan pengecekan BI Checking secara langsung. Dikarenakan langsung, maka syaratnya juga harus dilengkapi dengan bukti fisik.

Baca Juga  Cara Membuka Rekening BNI Prakerja yang Paling Aman

Baik pengecekan secara online maupun langsung, sama-sama mendapatkan hasil yang akurat. Adapun syarat yang harus dilengkapi bila ingin melakukan pengecekan secara langsung dengan membawa KTP,  tidak lupa untuk membawa surat kuasa bila debitur mewakilkannya kepada orang lain, namun bila debitur atas nama perusahaan harus  membawa SIUPP.

4. Lengkapi Persyaratan yang Dibutuhkan untuk Pengecekan Langsung

Melakukan pengecekan secara langsung berbeda dengan dilakukan secara online namun hasil yang didapat akan sama. Pastikan untuk melengkapi persyaratan yang telah ditentukan agar pengajuan bisa langsung disetujui. Meskipun pengecekan langsung ini diharuskan untuk melengkapi persyaratan, namun lebih cepat menerima hasilnya pada saat itu.

Berbeda bila nasabah melakukan pengecekan secara online, maka hasilnya tidak akan langsung diterima. Hasil SLIK tersebut akan didapatkan beberapa hari setelah verifikasi, bila dilakukan secara online. Maka dari itu, bila ingin mendapatkan SLIK lebih cepat agar segera mendapatkan pencairan kredit, sebaiknya dilakukan secara langsung serta dilengkapi persyaratannya.

5. Pahami Pernyataan dalam BI Checking

Pada dasarnya informasi BI checking tersebut akan menginformasikan rekam jejak nasabah dalam pembayaran angsuran kredit di bank dan lembaga keuangan non bank, bila tercatat pernah melakukan wanprestasi atau keterlambatan pembayaran angsuran, akan dicatat pada SLIK tersebut, serta hasilnya akan diinformasikan melalui surat tersebut.

Setelah mengetahui cara cek BI checking bank, tidak kalah pentingnya dengan memahami pernyataan yang ditulis pada surat tersebut. Surat tersebut akan menginformasikan bila nasabah pernah mengalami keterlambatan, serta berada pada level kolektibilitas dari 1-5 berdasarkan jumlah hari keterlambatannya.

Nasabah harus pandai mengelola keuangannya bila mengajukan kredit agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran angsuran yang akan tercatat pada BI checking. Hal tersebut akan sangat merugikan nasabah karena bila tercatat di BI checking akan sulit mengajukan kredit kembali di bank manapun. Maka sebelum mengajukan kredit kembali, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu cara cek BI checking bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *