Mengenal dan Memahami Resiko Saham, Yang Bakal Terjadi (forbes.com)
Mengenal dan Memahami Resiko Saham, Yang Bakal Terjadi (forbes.com)

Mengenal dan Memahami Resiko Saham, yang Bakal Terjadi

Berbagai resiko saham, akan membayangi Anda selama bermain dan berkutat di dalam dunia investasi saham. Meskipun instrumen saham merupakan salah satu bentuk alat investasi yang memiliki resiko yang paling rendah. Namun patut Anda waspadai, agar resiko buruk tersebut tidak menimpa Anda sebagai pemain saham.

Begitu pula tidak ada satupun alat investasi yang tanpa memiliki berbagai resiko buruk yang bakal yang menimpa para pemainnya. Oleh karena itulah, Anda bisa mencegah berbagai kemungkinan tersebut dengan berbagai cara. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Memahami Berbagai Resiko Saham yang Harus Dipahami, Khususnya Para Pemula

Saham adalah salah satu alat investasi yang cukup banyak digunakan oleh para investor khususnya di Indonesia. Bentuk saham adalah tanda bukti kepemilikan modal seseorang dalam sebuah perusahaan terbuka. Dengan surat tersebut, seseorang berhak mendapatkan berbagai keuntungan yang menggiurkan.

Biasanya semakin besar dan mahal lembar saham yang dimiliki seseorang, semakin besar pula keuntungan yang bakal dapatkan. Bahkan semakin bagus yang dimiliki seseorang dalam sebuah perusahaan, akan semakin banyak hak yang akan didapatkan. Sebagai contoh adalah hak bicara dan kedudukan dalam sebuah rapat internal perusahaan.

Namun demikian, ada pula resiko saham yang kemungkinan besar mengantarkan kepada Anda sebuah kerugian. Bahkan dalam sebuah investasi, kerugian yang didapatkan akan menyesuaikan dengan jumlah lembar saham yang dimiliki.

Sehingga kemungkinan mengalami kerugian yang cukup besar dalam dunia investasi merupakan hal yang biasa. Namun tentunya berbagai resiko tentunya wajib untuk Anda hindari selamanya. Bahkan sekecil apapun resiko itu, perlu Anda cegah dengan memahami dan mengenali saham secara lebih dalam lagi.

Berikut adalah berbagai resiko saham yang siap menimpa para pemainnya,. Terlebih Anda sebagai seorang pemula yang masih awam terhadap berbagai persoalan dunia saham. Simaka secara baik baik dengan tujuan untuk menghindari resiko tersebut.

Baca Juga  Investor Perlu Menganalisa Prospek Saham ANTM

Perusahaan Mengalami Kebangkrutan atau Likuidasi

Sebuah perusahaan terbuka juga memiki kans untuk bagkrut dan dibubarkan olegh instansi resmi terkait. Pada kondisi seperti inilah seorang yang memiliki modal dan saham di perusahaan tersebut terancam keamanannya. Pemegang saham tersebut memiliki kemungkinan untuk tidak mendapatkan aset apapun dari pihak perusahaan.

Namun bisa juga mendapatkan berbagai aset yang tersisa yang memang bertujuan untuk dibagikan.Kemudian secara umum, untuk menghindari hal ini adalah dengan memahami dan selalu mengikuti perkembangan dari perusahaan. Baik itu melalui laporan perusahaan terbuka dan keuangan perkembangan dan lain sebagainya.

Terjadinya Suspend 

Suspend adalah salah satu resiko saham yang mesti Anda hindari keadaannya, yakni terjadinya pemberhentian sebuah perdagangan saham. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya penyakit pada saham dan perusahaan tersebut.

Sebagai contoh kecil adalah, adanya permainan harga saham yang didasari oleh oknum yang memiliki kekuatan. Anda bisa menghindari hal ini dengan menyeleksi dan menganalisa berbagai hal dengan jitu sebelum membeli saham. Bila tidak, nilai saham Anda akan anjlok selama pemberhentian tersebut

Capital Loss

Merupakan salah satu resiko yang memiliki kemungkinan terjadi yang cukup besar. Mengingat saham merupakan sebuah alat investasi yang memiliki banyak peminat. Capital loss adalah Anda sebagai investor kehilangan modal dikarenakan pergerakan harga saham di mendukung Anda pula.

Setiap perusahaan terbuka memiliki peluang buruk untuk mengalami berbagai permasalah seperti diatas yang dapat memicu resiko buruk. Oleh karena itulah, sebagai syarat yang utama bagi seorang investor adalah bagaimana bisa memahami dan menganalisa kondisi pasar terkini. Tujuannya adalah jelas agar Anda sebagai pemain, dapat terbebas dari segala resiko saham yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *