Keuntungan Saham Syariah yang Beragam Perlu Anda Ketahui (umma.id)
Keuntungan Saham Syariah yang Beragam Perlu Anda Ketahui (umma.id)

Keuntungan Saham Syariah yang Beragam Perlu Anda Ketahui

Keuntungan saham syariah tentunya menjadi informasi yang penting untuk nasabah maupun investor. Mengenai keuntungan investasi saham syariah mungkin masih belum banyak orang yang mengetahuinya. Karena kebanyakan dari mereka memilih untuk investasi saham konvensional.

Padahal, investasi saham syariah merupakan pilihan terbaik bagi Anda seorang muslim. Terutama bagi Anda yang ingin menanamkan modal menggunakan prinsip syariah, saham yang satu ini merupakan rekomendasi terbaik.

Bagi pemula, hanya apabila Anda memilih untuk investasi dengan saham syariah ini. Karena bukan hanya saham konvensional saja yang bisa memberikan Anda keuntungan, tetapi sahabat yang satu ini juga memiliki berbagai macam keunggulan keuntungan untuk.

Ragam Keuntungan Saham Syariah yang Harus Anda Ketahui

Ironi bukan, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Akan tetapi mengenai keuntungan saham syariah belum bisa atau belum banyak dinikmati secara mayoritas. padahal, keuntungan yang bisa dinikmati sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Islam.

Anda yang masih ragu untuk menjadikan saham syariah sebagai investasi karena belum paham betul mengenai apa saja keuntungannya. Penting sekali Anda untuk menyimak penjelasan berikut ini.

Sudah Sesuai dengan Nilai dalan Ajaran Agama Islam

Untuk keuntungan saham syariah yang pertama adalah manusia sendiri tentunya sudah menjadi kelebihan. Dari nama saham syariah saja pastinya sudah merujuk pada saham-saham yang sudah pasti Sesuai dengan prinsip Islam. Prinsip dari syariah di pasar modal yang menjadi rujukan adalah fatwa dewan syariah nasional Majelis Ulama Indonesia.

Dengan demikian, saham syariah juga mengedepankan nilai-nilai Islam. Rasanya karena saham syariah itu pada dasarnya memang berbasis ekuitas yang sudah memenuhi prinsip syariah, halal pastinya tidak mengandung ghoror maupun riba.

Baca Juga  Saham yang Bagus dan Cocok Menjadi Pilihan, Berikut Kriteria-Kriterianya!

Selain itu, untuk tata cara melakukan transaksi saham yang satu ini juga sudah memenuhi prinsip Islam. Misalnya adalah, sekarang ini sudah terdapat platform online ipot Syariah Indo Premier sekuritas.

Ipot syariah sendiri merupakan aplikasi online trading saham pertama yang terdapat di Indonesia. Aplikasi ini juga sudah mendapatkan sertifikasi dari dewan syariah Indonesia dan khusus untuk transaksi saham yang masuk dalam daftar efek syariah. Bagi Anda yang memilih saham syariah, adanya nilai-nilai yang sudah sesuai dengan Islam tentunya mendatangkan kenyamanan bagi umat Islam yang sendiri tentunya.

Capital Gain

Seperti halnya dengan investasi saham secara konvensional untuk investasi saham syariah juga akan mendatangkan keuntungan. Keuntungan tersebut diperoleh dari adanya selisih harga jual terhadap harga beli. Hal tersebut tentunya menjadi keuntungan saham syariah yang sudah pasti akan Anda dapatkan.

Harga jual yang tinggi daripada harga ketika beli tentunya mendatangkan keuntungan yang berupa selisih harga. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui mengenai capital gain selisih harga inilah yang dimaksud dengan capital gain. Supaya bisa mendapatkan keuntungan yang besar saja harus terdapat prinsip jual di harga lebih tinggi dari harga beli.

Perlu menjadi pengetahuan Anda, besarnya capital gain bisa terealisasi apabila saham yang anda miliki sudah dijual. Apabila saham yang Anda miliki belum dijual, maka capital gain tersebut belum bisa terealisasi atau masih sebatas potensi saja.

Mendapatkan Deviden

Deviden merupakan keuntungan perusahaan yang nantinya akan dibagikan kepada pemegang saham. Hal ini juga merupakan salah satu keuntungan dari saham syariah yang sudah Anda pilih. Sangat wajar apabila investor yang membeli saham berharap perusahaan yang ia beli sahamnya mendapatkan laba yang besar.

Baca Juga  Investor Perlu Menganalisa Prospek Saham ANTM

Alasannya adalah laba yang besar tersebut pada akhirnya juga akan berimbas kepada Para investor. Bagian yang akan Anda dapatkan dari laba tersebut adalah sesuai dengan porsi sahamnya. Oleh sebab itu, penting juga untuk Anda memilih saham syariah dari perusahaan yang rajin memberikan laba besar.

Adanya penjelasan mengenai keuntungan saham syariah, tentunya menambah keyakinan Anda untuk menjadikan saham yang satu ini investasi di masa hadapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *