Saham Bukit Asam Menjadi Rekomendasi Investasi Bagi Pemula (ptba.co.id)
Saham Bukit Asam Menjadi Rekomendasi Investasi Bagi Pemula (ptba.co.id)

Saham Bukit Asam Menjadi Rekomendasi Investasi Bagi Pemula

Saham Bukit Asam atau PTBA Persero merupakan saham yang bergerak di bidang batubara dan energi. Perlu Anda ketahui saham ini merupakan salah satu saham yang menjadi incaran para investor. Salah satu alasan yang mendasari mengapa mereka mengincar saham yang satu ini adalah karena perusahaan ini sudah mapan, BUMN. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki dividen yang menggiurkan.

Dalam dunia investasi, tentunya saham bukanlah suatu hal yang asing lagi. Bahkan saham menjadi salah satu rekomendasi untuk investasi masa depan Anda. Bagi pemula yang ingin memulai investasi, Tidak ada salahnya untuk menjadi anggota dari saham Bukit Asam ini.

Tentunya, semua pilihan memiliki keuntungan dan kelebihan masing-masing. Disamping itu juga, ada risiko yang pastinya akan terjadi atau diterima. Sebagai salah satu cara untuk mengatasinya, tentunya Anda juga harus memahami terlebih dahulu mengenai seluk-beluk saham yang ingin Anda jadikan investasi.

Saham Bukit Asam dengan Dividen Menggiurkan

Seperti penjelasan pada bagian awal, bahwasanya saham Bukit Asam ini memiliki dividen yang sangat menggiurkan. Jadi, Anda juga tak perlu ragu apabila ingin membeli saham ini.

Perlu Anda ketahui bahwasannya Bukit Asam dahulu merupakan perusahaan tambang Belanda yang berdiri sejak tahun 1919. Akan tetapi pasca kemerdekaan perusahaan ini dinasionalisasikan menjadi sebuah perusahaan negara dengan nama besarnya perusahaan negara tambang arang Bukit Asam. Hal tersebut lebih tepatnya terjadi pada tahun 1950. Hingga pada akhirnya, perusahaan ini berubah menjadi PT Bukit Asam.

Perusahaan ini pada bidang pertambangan batubara. Banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan emas hitam. Tapi sikap pada dunia saham masuk pada kategori mining, subsector nya call mining.

Bagi Anda yang masih ragu untuk membeli saham Bukit Asam ini, ketahuilah bahwasanya perusahaan ini memiliki anak perusahaan dengan jumlah yang banyak. Selain itu, juga sudah terkenal sejak dahulu bahwa Bukit Asam gerakan perusahaan yang sangat mapan. Jadi, tak heran juga jika banyak investor yang mengingkar untuk memiliki saham yang satu ini.

Baca Juga  Saham Bank Syariah Indonesia dengan 3 Merger Gabungan Terpercaya

Bagi Anda yang masih khawatir mengenai kepemilikan saham utama PTBA tersebut, jangan khawatir karena pemegang saham Bukit Asam utama adalah holding pemerintah Indonesia, yakni Inalum.

Analisa Fundamental Mengenai Saham PTBA

Bagi Anda yang ingin membeli saham Bukit Asam ini, hal yang harus anda perhatikan adalah mengenai analisa fundamental nya. Hal ini merupakan hal yang sangat penting bagi seorang investor saham yang ada di Indonesia. PT Bukit Asam mempunyai sumber pendapatan utama yang berasal dari penjualan batubara.

Sejak tahun 2019, anak perusahaan PT Bukit Asam hanya menyumbangkan 90% saja dari total pendapatannya. Oleh karena itu, perusahaan ini juga sangat bergantung pada fluktuasi harga batubara tingkat internasional.

Akan tetapi, ada hal yang sangat membahagiakan, perusahaan ini mempunyai salah satu fokus untuk menjadi pemasok batubara sebagai kebutuhan pokok dalam negeri. Pada intinya perusahaan PT Bukit Asam ini bisa dikatakan perusahaan dengan memiliki komposisi seimbang antara ekspor dan domestik.

Laba dari PT Bukit Asam

Selain memperhatikan mengenai analisa fundamental saham PTBA  juga harus memperhatikan mengenai labanya. Perusahaan yang satu ini merupakan salah satu perusahaan yang selalu mencatat keuntungannya. Meskipun mengalami naik turun, akan tetapi hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar.

Harga Saham PTBA

Bagi Anda yang ingin membeli saham PTBA ini perlu Anda ketahui mengenai harganya. Apabila Anda adalah seorang investor maka akan mendapatkan harga sebesar Rp 2.500 per sahamnya. Akan tetapi jam ini juga mempunyai harga yang standar yakni Rp 2800.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh PT Bukit Asam adalah aspek ekspor serta domestik yang sangat seimbang. Hal ini juga menjadi salah satu pendukung bagi Anda yang masih ragu untuk memiliki saham Bukit Asam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.