Beberapa Hal Yang Perlu Dipahami Sebelum Main Saham Untuk Pemula (investopedia.com)
Beberapa Hal Yang Perlu Dipahami Sebelum Main Saham Untuk Pemula (investopedia.com)

Beberapa Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Main Saham untuk Pemula

Ada beberapa aturan main saham untuk pemula, yang mesti dipahami dengan baik dan benar bagi calon investor. yang mana dengan memahami beberapa peraturan tersebut, Anda bisa memiliki kemungkinan lebih besar untuk untung dan kemungkinan rugi lebih kecil.

Seorang pemula, tentunya perlu memahami hal ini dengan lebih dan berkelanjutan, karena saham bukan merupakan hal yang sepele. Selain itu, perkembangan update saham yang begitu cepat mengharuskan para pelaku untuk terus belajar secara berkelanjutan.

Inilah Beberapa Hal yang Wajib Dipahami Terkait Main Saham untuk Pemula

Dewasa ini kegiatan mengenai saham biak itu investasi maupun trading semakin dikenal dan mendatangkan banyak peminat dari masyarakat luas. Kemajuan teknologi informasi menjadi salah satu penyebab utama dari perkembangan ini.

Selain itu, pandemi menjadi penyebab selanjutnya setelah teknologi informasi. Masa pandemi menjadi sebuah moment banyak orang yang kehilangan aset dan pekerjaan sehingga investasi merupakan salah satu jalan pintas. Kemudian ditambah dengan pengurangan mobilitas menjadikan dukungan kepada permainan saham untuk lebih intens.

Alasan yang selanjutnya adalah perkembangan teknologi menjadikan banyaknya pekerjaan yang dialih fungsikan oleh mesin. Hal ini menjadikan manusia harus mempunyai cara yang lebih cerdas untuk menghasilkan uang. Sehingga bermain saham dan sejenisnya menjadi salah satu solusi. Bagi Anda yang masih merasa awam dan belum memahami seluk beluk saham, yuk perhatikan beberapa ulasan sederhana di bawah ini.

Pengertian

Ada beberapa pengertian yang perlu Anda pahami terkait dengan main saham untuk pemula dan kaitanya, bisa juga Anda jadikan referensi ketika ingin menjawab soal. Diantaranya adalah sebagai berikut

  • Saham merupakan tanda bukti kepemilikan seseorang terhadap sebuah modal yang diinvestasikan kepada sebuah perusahaan.  Dengan demikian pemegang hak saham akan mendapat beberapa keuntungan (dividen) berupa uang dan hak suara dalam rapat internal.
  • Investasi. Sedangkan investasi adalah salah satu bentuk kegiatan untuk memperoleh dan mendapatkan hak saham perusahaan. Yaitu dengan menanamkan atau memberikan modal dengan membeli saham, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.
  • Trading. Sama halnya dengan investasi, trading adalah kegiatan membeli sebuah saham untuk kemudian dijual kembali ketika sudah mendapatkan keuntungan.
Baca Juga  Saham ARB, Berikut Penjelasan Lengkap dan Faktor Penyebabnya

Jenis Jenis Saham

Main saham untuk pemula memang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda perlu tahu jenisnya. Saham memiliki beberapa jenis berdasarkan dua hal yang berbeda diantaranya adalah sebagai berikut

Berdasarkan Kualitas Perusahaan

  • Blue Chip
  • Income
  • Growth
  • Speculative
  • Counter Cyclical

Berdasarkan Kemampuan Investor

  • Saham biasa
  • Saham Preferen

Keuntungan Bermain Saham untuk Pemula

Ada beberapa keuntungan yang dapat diraih oleh seorang investor atau pemilik saham. Diantaranya adalah sebagai berikut

  • Dividen. Biasa disebut dengan labar seorang investor dari perusahaan terkait berdasarkan keuntungan perusahaan tersebut. Laba itu sendiri terbagi dalam dua hal yaitu, berupa uang tunai atau bisa juga berupa saham tambahan.
  • Capital Gain. Yaitu keuntungan yang diberikan oleh perusahaan ketika Anda menjual saham Anda dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli.
  • Modal sedikit Untung Besar. Inilah salah satu alasan yang paling banyak dicari oleh para investor, yaitu dengan harga cukup rendah, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat lipat.
  • Aman dan transparan. Investasi saham merupakan suatu perbuatan yang legal dan dilindungi oleh pemerintah melalui adanya OJK. Sehingga, jangan takut modal Anda akan hilang di telp perusahaan. Karena ada badan hukum, dan perlindungan yang jelas dari pemerintah.

Ketika Anda sudah mulai memahami beberapa hal terkait main saham untuk pemula, maka jangan takut mencoba dan selalu belajar. Karena ilmu ini akan terus berkembang, terutama terkait strategi dan beberapa aturan terkait. Sehingga jangan ada alasan ketinggalan perkembangan hanya karena sebuah kemalasan semata

Leave a Reply

Your email address will not be published.