Pemegang Saham Pertamina, Dewan Komisaris dan Obligasi (nasdaq.com)
Pemegang Saham Pertamina, Dewan Komisaris dan Obligasi (nasdaq.com)

Pemegang Saham Pertamina: Dewan Komisaris, dan Obligasi

Baru-baru ini, pemegang saham menjadi topik yang cukup menyita perhatian di kalangan para investor, salah satunya milik Pertamina. Pertamina, atau secara resmi dikenal dengan PT. Pertamina (Persero), merupakan sebuah BUMN yang memiliki tugas untuk mengelola sumber daya alam di Indonesia, yakni minyak dan gas bumi.

Berdiri pada tahun 10 Desember 1957, Pertamina merupakan hasil dari gabungan dua perusahaan, Pertamin dan Permina. Hingga saat ini, Pertamina sudah memiliki sejumlah anak perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan Pertamina yaitu menyelenggarakan usaha dalam bidang energi dan petrokimia. Dimana terbagi menjadi dua sektor, yakni sektor Hulu dan Hilir. Kegiatan ini telah ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan juga perusahaan patungan.

Selain itu, Pertamina juga menghasilkan produk-produk unggulan, seperti Pertamax, Pertalite, Premium, Elpiji, Vigas, dan produk-produk lainnya. Bukan hal yang mengherankan jika Pertamina memiliki saham dengan jumlah dan nilai yang tidak sedikit.

Pemegang Saham Pertamina

Sebagai perusahaan energi nasional, 100 % sahamnya adalah milik pemerintah. Dengan kata lain, pemegang saham Pertamina atau pemiliknya hanyalah satu yakni pemerintah Indonesia. Kebijakan ini dijalankan melalui kementerian Badan Usaha Milik Negara sebagai pemegang saham.

3 Komisaris yang Ditetapkan oleh Pemegang Saham

Pada 2 Juli 2021 lalu, pemegang saham telah menetapkan 3 komisaris baru Pertamina. 3 Komisaris baru pertamina ini adalah Heru Pambudi, Ahmad Fikri Assegaf, terakhir Iggi H Achsien.

Sebagai salah satu perusahaan milik negara, dalam penetapan Dewan Komisaris Pertamina ini ditunjuk secara langsung oleh Pemerintah Republik Indonesia. Pengangkatan komisaris baru ini sesuai dengan Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-222/MBU/07/2021, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT. Pertamina.

Baca Juga  Mengenal dan Memahami Resiko Saham, yang Bakal Terjadi

Penetapan ini berdasarkan pada kompetensi dan juga prestasi dari masing-masing Dewan Komisaris. Kemudian akan menjalankan tugas dan kewajiban mereka sesuai yang tertulis dalam Anggaran Dasar PT. Pertamina (Persero) serta arahan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Apakah Masyarakat Umum dapat Membelinya?

Mungkin, sebagian dari kita bertanya-tanya, apakah bisa masyarakat umum memiliki saham Pertamina? Tentu saja tidak bisa.

Kita tidak bisa memilikinya seperti membeli saham Telkom di BEI. Pasalnya, saham tersebut tidak diperjual belikan.

Dengan kata lain, Pertamina belum go public. Selama Pertamina belum menjadi perusahaan umum atau go public, maka kita tidak bisa melakukan jual beli saham tersebut. Kecuali jika ada kebijakan baru pemerintah atas kepemilikan saham.

Obligasi Pertamina

Berikut ini adalah informasi mengenai obligasi Pertamina penerbitan 2021/2021.

Volume (juta) USD 900, tanggal penerbit (issue date) 9 Februari 2021, tanggal jatuh tempo (maturity date) 9 Februari 2031, kupon 2.30 %, diterapkan peraturan 144A & Reg S, CUSIP (144A: 69370PAL5 & RegS: 69370RAL1, ISIN (144A: US69370PAL58 & RegS: US69370RAL15).

Volume (juta) USD 1,000, tanggal penerbit (issue date) 9 Februari 2021, tanggal jatuh tempo (maturity date) 9 Februari 2026, kupon 1.40 %, diterapkan dalam peraturan 144A & Reg S, CUSIP (144A: 69370PAK7 & RegS: 69370RAK3, ISIN (144A: US69370PAK75 & RegS: US69370RAK32).

Perbedaan Saham Pertamina dengan Saham Telkom

Pertamina dan Telkom merupakan perusahaan milik BUMN. Meskipun demikian, kedua perusahaan tersebut memiliki perbedaan dalam kepemilikan saham.

Jika Pertamina belum go public, lain halnya dengan Telkom yang sudah go public. Telkom memiliki kode saham di bursa, yakni TLKM.

Sedangkan Pertamina belum memilikinya. Pemilik atau pemegang saham Telkom oleh pemerintah Indonesia sebesar 51 % sedangkan masyarakat umum sebesar 49 %.

Baca Juga  Saham Google yang Menguntungkan Lengkap dengan Cara Membelinya

Itulah tadi informasi mengenai pemegang saham Pertamina atau PT. Pertamina (Persero) yang meliputi pemegang atau pemilik saham, dewan komisaris baru  hingga obligasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *