Inilah, Pentingnya 3 Fungsi Pasar Modal dalam Investasi (comparic.com)
Inilah, Pentingnya 3 Fungsi Pasar Modal dalam Investasi (comparic.com)

Inilah, Pentingnya 3 Fungsi Pasar Modal dalam Investasi

Bila kita terjun ke dunia saham, tentunya tidak akan lepas dari fungsi pasar modal. Pasar modal, adalah pasar dari berbagai instrumen keuangan.

Tidak hanya bersifat jangka pendek saja, akan tetapi juga jangka panjang. Ketika kita melihat pasar modal lebih detail lagi, maka akan menemukan sejumlah produk-produk investasi.

Selain saham, juga ada obligasi, reksa dana, hingga instrumen derivatif. Saking pentingnya fungsi dan peranannya, telah diatur dalam Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995.

Peranan pasar modal memang sangat krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian negara. Itulah mengapa, pentingnya melihat dan menganalisis pergerakan pasar modal, demi mendapatkan peluang.

Fungsi Pasar Modal dalam Investasi Saham

Pasar modal, memberikan kesempatan kepada para investor untuk menawarkan dan menjual kembali saham-saham mereka. Dengan kata lain, pasar modal adalah fasilitas transaksi saham.

Hal ini, akan memberikan peluang kepada para investor atau masyarakat umum dalam mendapatkan keuntungan. Tak hanya investor saja, bagi perusahaan, pasar modal juga memberikan kesempatan yang sangat baik. Perusahaan dapat memenuhi keinginana para pemilik saham dengan cara menetapkan kebijakan dividen maupun melalui stabilitas harga sekuritas yang normal.

Tentunya, masih ada fungsi lainnya yang tak kalah penting. Mau tahu apa sajakah itu? Berikut ini adalah pemaparan selengkapnya.

Fungsi Ekonomi

Fungsi ekonomi, artinya memudahkan pertemuan antara pihak yang membutuhkan dana atau issuer dengan pihak yang memiliki banyak dana atau investor. Pihak yang membutuhkan dana ini, bisa sebuah perusahaan, pemerintah, ataupun pihak lainnya.

Sedangkan pihak dengan dana berlebih bisa perusahaan bahkan masyarakat umum. Dalam fungsi ekonomi ini, sebagai investor dapat meminjamkan sebagian dana mereka kepada pihak yang membutuhkan dana.

Baca Juga  Tokoh Investor Saham Sukses di Indonesia, Motivasi Buat Anda

Dana yang berhasil didapatkan ini akan digunakan untuk kebutuhan dan kepentingan issuer. Misalnya, untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja, dan yang lainnya.

Sarana Investasi

Keberadaan pasar modal ini memang tidak bisa kita pandang sebelah mata. Terutama dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian modern.

Perekonomian semakin meningkat, jika banyak terjadinya transaksi di pasar modal. Begitu pula sebaliknya, lemahnya perekonomian nasional karena sepinya transaksi di pasar modal.

Itulah mengapa, salah satu fungsi pasar modal adalah sebagai sarana investasi. Dalam pasar modal, masyarakat dapat berinvestasi dalam bentuk apapun. Entah itu saham, reksa dana, hingga obligasi.

Dengan begitu, masyarakat bisa menempatkan dana yang mereka miliki sesuai dengan keuntungan maupun risiko yang mungkin terjadi dari masing-masing bentuk investasi tersebut. Hal ini sangat baik untuk menstabilkan dan meningkatkan kondisi perekonomian nasional.

Fungsi Keuangan

Jika kita melihat dari segi keuangan, pasar modal memiliki andil yang sangat berpengaruh. Dimana, pasar modal menjadi sarana untuk pemerataan pemasukan.

Bagi sebuah perusahaan ataupun badan usaha, pasar modal adalah tempat untuk memperoleh dana tambahan. Hal ini dapat meningkatkan produksi perusahaan.

Sehingga, produktivitas perusahaan pun juga akan semakin meningkat. Alhasil, lapangan kerja terbuka lebar.

Pajak bagi pemerintah juga akan semakin meningkat. Dengan demikian, kesejahteraan bagi masyarakat umum dan negara dapat terjamin secara baik.

Pasar modal, memang memberikan kemudahan dalam berinvestasi. Ketika saham yang kita investasikan terus meningkat, maka keuntungan akan semakin besar.

Berkat fungsi pasar modal, kita tidak perlu dana yang terlalu tinggi untuk berinvestasi. Bahkan, kita bisa menggunakan modal awal Rp500 ribu saja. Ini menjadi langkah yang sangat baik untuk masyarakat umum dalam berinvestasi, terutama bagi para pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *