Swing Trading Strategi Mendapatkan Keuntungan dalam Bermain Saham (asktraders.com)
Swing Trading Strategi Mendapatkan Keuntungan dalam Bermain Saham (asktraders.com)

Swing Trading Strategi Mendapatkan Keuntungan dalam Bermain Saham

Swing trading merupakan strategi jual beli saham dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan menggunakan hitungan hari atau minggu. Perlu Anda ketahui bahwa pelaku dari strategi ini disebut dengan swing trader. Mungkin bagi beberapa orang istilah yang satu ini masih sangat asing.

Senjata dari swing trader juga lebih banyak menggunakan analisis teknikal guna menentukan jual maupun beli saham. Walaupun begitu, juga tidak melupakan atau mengabaikan analisis fundamental, pola harga dan tren.

Investasi saham memang memberikan keuntungan yang menggiurkan. Akan tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa investasi saham juga terkesan ribet. Bagi Anda yang ingin memulai investasi saham perlu sekali untuk memahami istilah-istilah penting didalamnya. Salah satunya adalah istilah swing trading ini sendiri.

Strategi yang satu ini juga bisa dikatakan strategi beli saham yang mampu memberikan cuan yang besar, bahkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Cara Swing Trading yang Perlu Investor Ketahui

Umumnya taktik dari swing trader ini mengambil posisi hold dalam jangka waktu tertentu. Misalnya adalah harian, mingguan ataupun bulanan dengan tujuan untuk mengeruk keuntungan dari naik turunnya harga saham.

Mereka juga mengidentifikasikan trend di pasaran, statistik saham dari sisi harga serta volume yang sedang diperdagangkan. Selanjutnya dalam jangka waktu yang singkat mereka jual maupun membeli saham.

Uang Kecil Berubah Menjadi Besar

Dalam jangka pendek tersebut, uang dari swing trading memang kecil. Kemungkinan hanya 5% sampai 10% saja pada setiap minggunya. Tetapi perlu Anda ingat, daripada rugi mendingan untung walaupun hanya tipis-tipis. Jika dikalkulasikan juga bakalan signifikan.

Hal inilah yang menjadi pada swing trader. Namun Anda juga tidak boleh salah, karena strategi yang satu ini juga memiliki kemampuan dalam mencetak keuntungan besar saat harga saham tinggi di awal perdagangan. Untuk yang selanjutnya ditahan, alasannya adalah bisa saja harganya lebih tinggi lagi. Mereka memiliki kemungkinan untuk menjual sebagian saham kemudian sisanya ditahan apabila suatu hari nanti harga saham semakin membaik dan naik.

Baca Juga  Cara Berinvestasi di Saham Bank Mandiri, Ikuti Langkahnya Seperti Ini

Risiko dari Strategi Bermain Saham

Dalam menjalani atau memilih investasi saham, seseorang yang menjalani strategi swing trading ini baik pemain saham yang ahli ataupun pemula semua mempunyai risiko. Untuk itu jangan sampai salah dalam menganalisis tren maupun harga saham. Karena bisa saja Anda  mengalami rugi yang sangat besar.

Padahal sudah borong banyak saham, akan tetapi kenyataannya harga saham bukannya naik kian hari kian merosot. Itulah dampak yang akan Anda dapatkan apabila salah dalam menghitung analisa. Akan tetapi Anda juga tidak perlu khawatir, risiko dari swing trading bisa kita minimalisir. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengurangi risiko investasi yang satu ini yang pertama adalah dengan Average Down. Merupakan strategi investasi melakukan pembelian saham secara bertahap saat harga saham sedang jatuh.

Akan tetapi ada sisi positif yang tidak boleh kita tinggalkan titik karena bisa saja kelemahan tersebut bisa membalikkan keadaan harga saham kembali naik.

Kemudian untuk cara yang selanjutnya mengurangi risikonya adalah langsung saja stoploss. Sudah banyak fakta yang menjelaskan bahwa ekspektasi itu tidak sesuai dengan realitanya. Kita membayangkan bahwa bisa mendapatkan keuntungan besar, akan tetapi justru malah merugi. Apabila Anda menjalankan swing trading, jika terjadi rugi kerugian langsung saja lakukan stop loss. Membatasi kerugian dengan menggunakan atau menerapkan nilai batasan harga terendah.

Bagi Anda pemula yang ingin memiliki investasi di masa depan berupa saham, pahami terlebih dahulu mengenai detail dari saham tersebut serta istilah penting, salah satunya adalah swing trading.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *