Jenis Saham yang Perlu Diketahui Para Investor Pemula (pexels.com)
Jenis Saham yang Perlu Diketahui Para Investor Pemula (pexels.com)

Jenis Saham yang Perlu Diketahui Para Investor Pemula

Jenis saham dari segi perdagangan ada banyak. Anda bisa menggunakan salah satu dari berbagai saham tersebut. Anda bisa memilih saham terbaik yang bisa memberikan keuntungan dalam jumlah besar untuk Anda. Dengan begitu, proses investasi bisa berjalan dengan lebih lancar.

Sedangkan jenis dari saham sebenarnya hanya ada dua, yaitu saham biasa dan saham preferen. Kedia saham ini, memiliki keunikan dan kinerja yang sama baiknya. Namun, kebanyakan orang memilih menggunakan saham biasa untuk keperluan investasi mereka.

Kali ini, kami akan memberikan berbagai saham mulai dari jenis yang sering dipakai dan jarang dipergunakan. Dengan Anda mengetahui hal tersebut, kami harap Anda bisa mendapatkan jenis investasi dalam jumlah yang menguntungkan bagi Anda.

Berbagai Jenis Saham yang Perlu Anda Ketahui

Saham merupakan sebuah bukti kepemilikan dari sebuah perusahan dalam bentuk lembaran atau sering disebut juga dengan bukti kepemilikan modal. Dalam hal ini, pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Dengan memiliki saham dalam sebuah perusahan, Anda bisa memiliki saham tersebut sesuai dengan jumlah kepemilikan saham Anda. Berapapun jumlah saham yang Anda miliki, Anda berhak untuk ikut dalam rapat umum pemegang saham.

Saham sendiri berbentuk kertas dengan ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh perusahan. Surat tersebut akan menyatakan bahwa nama yang tertera merupakan nama dari pemilik saham tersebut. Pemiliknya berhak memiliki perusahan sesuai dengan saham yang telah dia tanam.

Jenis dari saham juga ada banyak, bila Anda mencarinya dari segi perdagangan. Namun secara kemampuan dalam hak tagihan atau klaim, saham hanya terbagi dalam 2 jenis saja. Nah, saham ini yang akan kita bahas kali ini.

Baca Juga  Inilah, Pentingnya 3 Fungsi Pasar Modal dalam Investasi

Saham Biasa

Saham biasa atau common stock memiliki karakteristik berupa melakukan klaim pada seluruh penghasilan dan aktivitas milik perusahan. Namun, pemilik dari saham ini memiliki kewajiban yang terbatas.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah bila perusahaan tersebut mengalami bangkrut, maka Anda selaku pemegang saham hanya menanggung kerugian kecil. Kerugian yang akan Anda tanggung hanya sebesar investasi yang Anda keluarkan dalam saham tersebut.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengalami banyak kerugian sehingga membuat perusahan yang Anda gunakan bangkrut. Karena keuntungan ini, ada banyak orang lebih baik menggunakan jenis saham ini untuk melakukan investasi.

Saham Preferred

Saham ini juga sering disebut preferred stocks, merupakan jenis saham yang didesain sebagai gabungan antara sebuah obligasi dalam saham biasa. Bila biasanya sebagian orang menyukai saham yang bisa memberikan berbagai pendapatan termasuk pendapatan tetap, maka karakter dari saham ini juga sama seperti saham biasa.

Memberikan kepemilikan ekuitas tanpa tanggal jatuh tempo yang sudah tertulis dalam surat saham milik perusahan tersebut. Pemilik dari saham ini juga berhak melakukan klaim atas rabat atau aktiva sebelumnya.

Untuk dividen juga memiliki hal tebus yang sama, Anda bisa melakukan penukaran dengan saham biasa. Hal tersebutlah yang membuat saham ini banyak peminatnya. Ada banyak investor juga yang memilih menggunakan saham jenis ini.

Bentuk Saham

Bentuk dari saham sebenarnya ada tiga. Anda perlu menggunakan saham-saham tersebut agar bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Pertama, merupakan saham yang berdasar dari kemampuan dalam hal tagihan atau klaim. Isinya sama seperti artikel di atas tadi.

Kadua merupakan saham dari segi cara peralihannya. Dari segi ini hanya ada dua, berupa saham atas unjuk dan saham atas nama. Ketiga saham dari segi kinerja perdagangan. Nah, saham ini yang akan Anda gunakan untuk investasi, isinya berapa blue chip, income, growth, dan sebagainya.

Baca Juga  Mengenal Suspend Saham, Gejala dan Penyebabnya

Itu tadi berbagai jenis saham yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa melakukan kegiatan investasi secara mudah dan terpercaya. Sehingga keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi tersebut juga meningkat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *