Pemegang Saham Pengertian, Hak, dan Tanggung Jawab (pexels.com)
Pemegang Saham Pengertian, Hak, dan Tanggung Jawab (pexels.com)

Pemegang Saham: Pengertian, Hak, dan Tanggung Jawab

Sebelum terjun ke dunia saham, tentu akan lebih baik jika mengenal istilah-istilah di dalamnya. Salah satunya yaitu pemegang saham. Pihak yang berperan sebagai pemegang suatu saham jelas saja memiliki andil yang besar. Lantas apa pengertiannya secara lengkap? Anda bisa tahu dengan menyimak ulasan berikut ini.

Pengertian Pemegang Saham

Perlu untuk Anda ketahui bahwa pemegang saham juga dikenal dengan shareholder yang berarti perusahaan atau orang perseorangan yang memiliki saham. Setidaknya satu saham di suatu perusahaan. Di mana nantinya diterbitkan surat saham oleh perusahaan publik maupun swasta.

Dalam mengenal shareholder ini, dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu shareholder minoritas dan shareholder mayoritas. Keduanya dipengaruhi oleh persentasi saham yang dimilikinya.

Untuk shareholder yang memiliki saham lebih dari setengah perusahaan, maka dikenal dengan shareholder mayoritas. Shareholder ini mampu mengendalikan perusahaan yang sahamnya dikantongi.

Lain halnya dengan shareholder minoritas. Jenis pemegang saham ini hanya memiliki kurang dari setengah saham perusahaan. Dengan kepemilikan saham yang minim tersebut, shareholder minoritas hanya memiliki peran dan pengaruh kecil dalam operasi harian perusahaan.

Meski berbeda jenis, namun kedua shareholder tersebut akan meraih keuntungan sekaligus menanggung risiko operasi perusahaan. Hanya saja, tetap persentase yang didapat berbeda.

Mengenai keuntungan finansial, bisa berupa kenaikan harga saham dan dividen. Sementara untuk risikonya meliputi turunnya harga saham. Apabila tak diatasi secara bijak, hal ini bisa membuat perusahaan merugi. Bahkan lebih parahnya lagi, bisa membuat perusahaan gulung tikar dan shareholder kehilangan investasinya.

Hak Pemegang Saham

Selain pengertian, tentu Anda penasaran bukan apa saja hak para shareholder? Jika iya, Anda bisa tahu secara detail dengan menyimak ulasan ini.

Hak Suara

Baca Juga  Perbedaan Dividen dan Capital Gain, Investor Harus Tahu!

Salah satu hak yang dimiliki shareholder yaitu hak suara. Dalam hak ini, shareholder diperbolehkan untuk berpartisipasi sekaligus memberikan suara pada Rapat Umum Pemegang Saham atau yang biasa disingkat RUPS.

Hak Imunitas

Hak kekebalan atau imunitas ini juga dimiliki oleh shareholder. Dengan adanya hak kekebalan, maka shareholder tak akan dituntut untuk membayar hutang perusahaan. Kreditor hanya bisa meminta perusahaan untuk melunasi hutang, bukan pemegang saham.

Transfer Saham

Setiap shareholder memiliki hak untuk transfer atau hibah saham ke lembaga, perusahaan, ataupun perseorangan yang dikehendakinya. Shareholder diberi keleluasaan untuk melakukannya sesuai kebutuhan dan keinginan.

Mendapat Bagian Keuntungan

Keuntungan yang diperoleh dari operasi perusahaan akan dibagikan ke semua pihak yang terlibat, tak terkecuali shareholder. Sebagai pemilik perusahaan, keuntungan jelas akan dikantongi. Keuntungan ini ada dalam bentuk dividen.

Hak Mengelola Perusahaan

Salah satu hak yang juga dimiliki shareholder yaitu mengelola perusahaan. Tiap pemegang saham berhak mengatur jalannya perusahaan agar memperoleh laba sesuai rencana. Dengan demikian, untung ruginya juga akan ditanggung shareholder.

Sebenarnya masih ada banyak hak yang dimiliki shareholder. Hanya saja, beberapa poin di atas sudah bisa menggambarkan hak dasar shareholder yang penting Anda tahu dan pahami.

Tanggung Jawab Pemegang Saham

Tak hanya memiliki hak, shareholder juga harus memenuhi tanggung jawab yang diembannya. Untuk shareholder perseroan terbatas (PT), memiliki tanggung jawab terkait setoran atas semua saham yang ada. Di mana hal tersebut tak mencangkup harta kekayaan pribadi yang dimiliki.

Mengetahui pengertian, hak, dan tanggung jawab pemegang saham sangatlah penting sebagai persiapan masuk ke dunia saham. Jika nantinya sudah benar-benar menggeluti saham, maka akan lebih mudah dalam menggaet keuntungan perusahaan.

Baca Juga  Pemegang Saham Pertamina: Dewan Komisaris, dan Obligasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *