Perbedaan Stakeholder dan Shareholder Dalam Berbagai Hal, Apa Saja (pexels.com)
Perbedaan Stakeholder dan Shareholder Dalam Berbagai Hal, Apa Saja (pexels.com)

Perbedaan Stakeholder dan Shareholder Dalam Berbagai Hal, Apa Saja?

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan hasil yang menggiurkan, bisa pilih saham. Dalam memasuki dunia saham itu sendiri, Anda akan sering mendengar istilah stakeholder dan shareholder. Kedua istilah ini saling berkaitan. Meski begitu, terdapat perbedaan yang tak kalah penting Anda tahu. Apa saja perbedaan stakeholder dan shareholder tersebut? Anda ikuti saja ulasan ini untuk mengetahuinya.

Review Perbedaan Stakeholder dan Shareholder

Ada beberapa poin yang menjadi perbedaan antara stakeholder dan shareholder. Pastikan Anda pahami setiap poin ini untuk mengenali keduanya secara lebih detail.

Kepemilikan Saham

Perbedaan keduanya bisa terlihat dari kepemilikan saham. Shareholder atau pemegang saham mengantongi saham finansial di perusahaan. Berbeda halnya dengan stakeholder yang hanya memiliki kepentingan dalam urusan finansial perusahaan atau bahkan tak sama sekali.

Fokus

Selain kepemilikan saham, keduanya juga bisa dibedakan dari fokusnya. Untuk stakeholder fokus pada kinerja yang dilakukan dalam operasional perusahaan. Sementara untuk shareholder berfokus pada pengembalian investasinya.

Peran

Dari peran juga bisa terlihat perbedaan stakeholder dan shareholder. Stakeholder berperan penting sebagai pemegang saham, pemegang surat hutang, kreditor, karyawan, pemasok, bahkan konsumen. Sedangkan peran shareholder mencangkup pemegang saham ekuitas dan pemegang saham preferensi. Dari sini juga bisa diketahui bahwa shareholder bisa berperan sebagai stakeholder. Akan tetapi, stakeholder bukanlah bagian dari shareholder.

Pengertian

Beralih ke pengertian, keduanya juga memiliki perbedaan. Stakeholder berarti partai yang mempunyai saham di suatu perusahaan. Dalam pengertian ini, stakeholder dibedakan jadi 2, yakni stakeholder internal serta stakeholder eksternal.

Contoh stakeholder internal seperti pemilik usaha dan karyawan. Stakeholder internal memiliki kepentingan secara langsung di perusahaan sehingga mampu mempengaruhi bisnisnya. Sedangkan untuk contoh stakeholder eksternal mencangkup konsumen, pemasok, investor, kompetitor, bank, dan pemerintah. Stakeholder eksternal juga memiliki kepentingan terhadap perusahaan.

Baca Juga  Cara Berinvestasi di Saham Bank Mandiri, Ikuti Langkahnya Seperti Ini

Lain halnya dengan shareholder, orang yang mempunyai saham perusahaan. Saham yang dimiliki setidaknya satu. Sebagai pemegang saham, peran shareholder sangat berpengaruh terhadap laju pertumbuhan suatu perusahaan. Dalam hal ini, shareholder memiliki hak dan tanggung jawab yang penting pada perusahaan. Semua hal yang perusahaan alami akan dirasakan shareholder.

Jenis

Perbedaan stakeholder dan shareholder juga bisa Anda tahu dari pembagian jenis-jenisnya. Stakeholder terbagi menjadi beberapa jenis, yakni stakeholder utama (primer), stakeholder pendukung (sekunder), dan stakeholder kunci.

Stakeholder utama itu sendiri memiliki hubungan kepentingan dengan peraturan ataupun program secara langsung. Kemudian untuk stakeholder pendukung, tak memiliki kaitan kepentingan langsung pada kebijakan ataupun program. Terakhir, stakeholder kunci. Stakeholder ini memiliki wewenang dalam mengambil keputusan.

Lalu untuk shareholder, jenis-jenisnya meliputi common shareholder dan preferred shareholder. Common shareholder tak lain merupakan pemilik saham biasa di suatu perusahaan. Jenis shareholder ini mempunyai wewenang untuk mengelola perusahaan bahkan mengajukan class action.

Kemudian untuk preferred shareholder, mempunyai hak terhadap beberapa saham pilihan perusahaan. Hanya saja, preferred shareholder tak berhak untuk memberikan suara terkait keputusan yang diambil perusahaan.

Dampak

Dampak perusahaan terhadap keduanya juga memiliki perbedaan. Jika stakeholder, bisa terkena dampak dari operasional perusahaan, baik itu secara langsung atauun tak langsung. Sementara shareholder, akan terkena dampak langsung atas apa yang perusahaan alami. Maka dari itu, maju mundurnya perkembangan perusahaan akan sangat berpengaruh terhadap pemegang saham.

Tak sedikit yang masih bingung dengan stakeholder dan shareholder. Tidak mengherankan karena keduanya hampir serupa. Apabila Anda juga demikian, ulasan mengenai perbedaan stakeholder dan shareholder di atas diharapkan bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *