ARA Saham Membahayakan Jika Tidak Diketahui Sejak Awal (pikirantrader.com)
ARA Saham Membahayakan Jika Tidak Diketahui Sejak Awal (pikirantrader.com)

ARA Saham Membahayakan Jika Tidak Diketahui Sejak Awal

ARA saham merupakan salah satu hal yang harus investor ketahui ketika ingin berinvestasi. Bukan hanya untuk para investor saja, akan tetapi bagi Anda yang baru saja terjun langsung ke dunia investasi saham tentunya Anda juga harus mengenali dan memahami apa itu istilah dari ARA ini.

Mungkin saja Anda juga pernah mendengar seseorang yang mengatakan bahwa asyik sahamnya ARA. Tentunya Anda juga harus tahu dong mengenai apa sih sebenarnya ARA itu? Perlu Anda ketahui istilah tersebut mungkin saja juga masih sangat asing. akan tetapi investor pemula juga akan sering mendengarkan istilah tersebut ketika di dunia trading saham atau investasi saham Anda.

Investasi saham tentunya bukan suatu hal yang asing lagi. Akhir-akhir ini jenis investasi tersebut yang menjadi pilihan terbaik bagi banyak orang. Disamping itu, juga banyak yang sudah membuktikan bahwa investasi ini juga memberikan keuntungan yang besar.

ARA Saham, Apakah Itu?

Bagi Anda yang masih awam mengenai istilah ARA saham, perlu sekali untuk Anda menyimak mengenai penjelasan di bawah ini. Pada dasarnya, harga saham akan sangat mudah bergerak naik bertahan serta turun karena transaksi yang terjadi di pasaran.

Dengan demikian, apakah harga saham bisa bergerak tidak terkendali dalam satu hari perdagangan saham? Adanya mekanisme auto rejection bisa Anda lakukan untuk melindungi investor dari fluktuasi harga saham yang terlalu tinggi.

Apa itu auto rejection? Ia merupakan batasan maksimum atau minimum kenaikan serta penurunan harga saham dalam satu hari pada perdagangan bursa.

Sedangkan ARA saham atau Auto Rejaction Atas merupakan batasan maksimum mengenai kenaikan harga sebuah saham dalam satu hari. Untuk batas kenaikan harga tersebut biasanya dinyatakan dalam bentuk prosentase. Perlu menjadi pengetahuan penting juga untuk Anda bahwa sistem auto rejection sendiri juga sudah diatur dalam Jakarta automated trading system atau JATS.

Baca Juga  Swing Trading Strategi Mendapatkan Keuntungan dalam Bermain Saham

Besaran Jumlah Auto Rejaction

Sedangkan untuk besaran dari ARA ini adalah tergantung pada harga acuan saham yang sudah dimasukkan oleh anggota bursa. Biasanya anggota bursa memasukkan harga tersebut dalam sistem HATS tersebut.

Perlu menjadi pengetahuan penting juga untuk Anda, untuk harga acuan sebesar 50 sampai dengan 200, ARA terjadi apabila kenaikan harga saham di atas 35%. Sedangkan untuk harga sebesar 200 sampai dengan Rp5.000, maka ARA akan terjadi sebesar 25%. Sedangkan untuk harga diatas Rp5.000, maka ARA saham nya adalah 20%.

Sebagai contohnya adalah, harga saham PT bukalapak.com melesat sampai 24,71%. Awalnya memiliki harga sebesar 850 menjadi sebesar 1060% sahamnya.

Perlu menjadi catatan penting juga untuk Anda bahwasanya untuk ARA saham ini juga terdapat catatan khusus yang harus Anda pahami. Untuk saham yang Ipo atau baru listing, Nicky batasan sebesar 2 kali dari presentase Auto rejection. Untuk pembelian maksimal saham sebanyak 50 lot atau 5% dari jumlah efek tercatat.

Apabila lebih dari itu, maka Anda akan kena Auto rejection. Alangkah lebih baiknya jika Anda pemula yang ingin memiliki investasi berupa saham, hindari saham yang terkena ARA. Karena pada dasarnya ARA saham cocok untuk tak terbiasa dengan adanya perubahan harga dalam hitungan detik ataupun menit atau bahkan bisa juga jam.

Fungsi JATS dalam Auto Rejaction

Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya bahwa sistem JATS NEXT-G nantinya akan melayani perdagangan saham serta surat berharga. Nantinya juga system JATS NEXT-G juga akan menangani setiap permintaan jual ataupun beli saham. Hanya saja ketika saya mencapai harga pada titik tertentu, maka sistem akan melakukan penolakan secara otomatis. Nah, inilah fenomena yang dikenal dengan istilah Auto rejection.

Baca Juga  Analisa Saham BRIS Hari ini Paling Menguntungkan

Bagi Anda yang ingin menanamkan sebagian modal atau uang yang Anda miliki untuk investasi saham, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu mengenai seluk-beluk saham yang Anda pilih tersebut. Anda juga harus detail dalam memilih perusahaan yang memiliki saham. Karena sekarang ini banyak sekali terjadinya ARA saham dalam dunia investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *