kredit bank bpd diy

Jenis Kredit Bank BPD DIY yang Bisa Dipilih oleh Nasabah

Bank daerah dari Daerah Istimewa Yogyakarta yakni BPD DIY masih berupaya dalam memegang komitmennya supaya terus sesuai dengan tagline mereka yakni “kita berkembang bersama”. BPD DIY telah mengeluarkan beberapa produk yang direncanakan untuk dapat membantu perkembangan tersebut diantaranya adalah produk kredit. Oleh karena itu, berikut adalah daftar kredit Bank BPD DIY yang bisa dipilih oleh nasabah:

1. KUR

Bertujuan untuk membantu usaha rakyat kecil hingga menengah melalui produk kredit dari bank BPD DIY ini akan cocok dengan usaha yang produktif seperti pertanian, perikanan, atau industri pengolahan. Hal ini guna menaikkan daya saing dari UMKM sekitar agar tidak tenggelam ditengah maraknya serbuan dari luar.

Produk ini bisa diambil dengan berbagai jaminan, mulai dari sertifikat tanah hingga lapak yang ada di pasar. Debitur yang diperkenankan mengikuti program ini merupakan perorangan maupun badan hukum. Untuk bunganya sendiri, ditetapkan 7% dengan jumlah plafon sebanyak 25.000.000 rupiah bagi jenis usaha kecil, lalu 25 hingga 500 juta bagi usaha jenis ritel.

2. KPR FLPP

Selanjutnya ada kredit bank yang mungkin cocok untuk kalangan muda-mudi yang berniat memiliki rumah namun belum memiliki penghasilan yang tinggi. Bank BPD DIY menyediakan Kredit KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, ini merupakan program pemerintah untuk memberikan subsidi rumah kepada masyarakat.

Syarat yang harus dipenuhi antara lain belum memiliki rumah, Penghasilan kurang dari 8 juta per bulan, Kartu Keluarga beserta NPWP. Adapun daerah-daerah yang berada dalam jangkauan KPR ini adalah daerah Gunungkidul, Sleman, Bantul, dan Wates pada wilayah perumahan tertentu. DP yang diperlukan adalah 1% dengan harga rumah tidak lebih dari 150.500.000 rupiah.

3. Kredit PUNDI

Sesuai namanya kredit ini dikeluarkan oleh BPD DIY untuk mensejahterakan usaha keluarga. Debiturnya pun hanya diperkenankan bagi perorangan dan jika kelompok paling maksimal berjumlah 10 orang saja, tentu tidak diperkenankan untuk yang sudah berbadan hukum. Tujuannya antara lain dipergunakan sebagai modal untuk bekerja dan investasi.

Baca Juga  Memahami Prinsip High Risk High Return Dalam Dunia Investasi Saham

Plafon yang disediakan bisa sampai 100 juta rupiah dengan jangka waktu paling lama 24 bulan untuk modal kerja dan 48 bagi investasi. Bunga yang akan dikenakan sebanyak 16% dengan provisi sebesar 1% dari plafon yang diambil.

4. KKP-E

Kredit Bank BPD DIY yang ketiga adalah singkatan dari Kredit Ketahanan Pangan dan Energi. Bertujuan dalam menaikkan ketahanan pangan serta program pengembangan tanaman untuk bahan baku. Karena biasanya sebagai pengelola pangan adalah petani, maka kredit ini diperuntukan bagi kelompok tani ataupun berbentuk koperasi.

Plafon yang diberikan tergantung dari siapa debiturnya, jika petani maka akan diberikan plafon dengan maksimal 50 juta saja. Bagi Koperasi dan kelompok tani dalam pengadaaan alat akan diberikan plafon sebesar 500 juta rupiah. Yang menarik disini adalah subsidi akan diberikan untuk pembayaran bunga dan ditanggung oleh pemerintah.

5. KUPS

Terakhir, Kredit Usaha Pembibitan Sapi ini tentu ditujukan bagi pemilik usaha peternakan sapi. Kredit jenis ini akan diberikan pada kelompok atau koperasi yang bergerak dalam usaha pembibitan sapi, dengan catatan sudah mendapat rekomendasi melalui dinas serta direktorat jenderal peternakan.

keuntungan yang akan diperoleh antara lain mendapatkan subsidi bunga dari pemerintah. Terkait dengan jangka waktu dari kredit, ditentukan oleh proyeksi arus kas, siklus yang ditetapkan maksimal selama 6 tahun saja. Program ini baru mulai diadakan pada tahun 2010 yang lalu oleh pemerintahan pada saat itu.

Itulah sedikit informasi mengenai macam-macam kredit Bank BPD DIY. Dari beberapa produk kredit di atas, ada juga yang merupakan program dari pemerintah yang diharapkan dapat membantu perekonomian rakyat dengan peminjaman modal. Modal tersebut bisa dipergunakan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki pada berbagai sektor mulai dari pertanian hingga perdagangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.