pinjaman modal nikah di bank bca

Pilihan Pinjaman Modal Nikah di Bank BCA yang Bisa Jadi Solusi

Modal nikah terkadang menjadi beberapa alasan banyak pasangan menunda pernikahannya. Meski begitu, bisa memanfaatkan pinjaman modal nikah di bank BCA jika dana yang dimiliki dirasa masih kurang dan harus segera melangsungkan pernikahan.

Pinjaman yang bisa diajukan untuk modal nikah pun sebenarnya macam-macam. Bisa disesuaikan tergantung kebutuhan dan keinginan si peminjamnya. Nah, di bawah ini akan dijelaskan jenis-jenis pinjaman di bank BCA yang bisa digunakan untuk modal nikah serta cara mengajukan pinjaman tersebut.

Jenis-Jenis Pinjaman

Pinjaman yang diberikan oleh BCA bermacam-macam. Mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Untuk modal nikah, sebaiknya memilih salah satu jenis pinjaman yang direkomendasikan di bawah ini. Lalu, apa saja sih jenis-jenis pinjaman? Berikut ulasannya:

1. KTA

KTA yang memiliki kepanjangan dari Kredit Tanpa Agunan menjadi salah satu pinjaman yang banyak dipakai oleh orang-orang. Termasuk pasangan yang hendak menikah. Dalam pengajuannya, tak perlu memberi jaminan ataupun agunan tertentu.

Pemanfaatan pinjaman ini juga beragam. Mulai dari kesehatan, pendidikan ataupun modal nikah sekalipun. KTA mempunyai plafon pinjaman sampai 100 juta rupiah dan tenor paling lamanya yakni 36 bulan. Sedangkan suku bunga yang ditawarkan pun berbeda-beda.

Untuk bisa mengajukan pinjaman ini, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Secara umum, syarat-syaratnya meliputi umur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Kemudian, mempunyai pendapatan minimal 3 juta rupiah per bulannya. Selanjutnya yakni, beberapa dokumen yang mendukung seperti KTP, NPWP dan lainnya.

2. KPR Refinancing

Jenis pinjaman modal nikah di bank BCA berikutnya yakni KPR Refinancing. Jika dana yang dibutuhkan lebih dari 100 juta rupiah untuk biaya pernikahan, mungkin pinjaman ini bisa menjadi salah satu jenis yang diambil. Plafon pinjaman jenis ini adalah 250 juta rupiah sampai 5 miliar rupiah dengan tenor pinjaman hingga 20 tahun.

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi Investasi Saham yang Terdaftar di OJK dengan Keamanan Terjamin

Sayangnya, ada jaminan yang harus diberikan untuk bisa mendapatkan pinjaman jenis ini. Agunan ataupun jaminan yang bisa diberikan yakni bisa berupa sertifikat rumah ataupun sertifikat tanah yang dimiliki. Sedangkan syarat lainnya yakni berusia maksimal 60 tahun.

3. KUR

Untuk modal nikah, sebenarnya bisa dipersiapkan jauh-jauh hari. Misalnya dengan memiliki usaha sendiri. Jika bingung tak punya modal maka bisa mengajukan pinjaman ke bank BCA. KUR atau Kredit usaha Rakyat menjadi pinjaman yang bisa dimanfaatkan.

Meski digunakan untuk UMKM, namun uang yang diperoleh dapat digunakan untuk modal nikah. Persyaratannya cukup sudah yakni harus memiliki proposal usaha, punya SIUP, NPWP, KTP dan KK. Selain itu, calon nasabah juga tidak berada dalam daftar blacklist BI serta tidak berstatus sebagai penerima pinjaman dari bank lainnya.

Cara Ajukan Pinjaman

Untuk bisa mengajukan pinjaman, ada cara yang harus dilakukan. Lantas, apa saja langkah-langkah yang harus ditempuh untuk bisa melakukan pengajuan pinjaman di BCA. Adapun caranya antara lain:

1. Datang ke Kantor Bank BCA Terdekat

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan datang langsung ke kantor BCA terdekat. Cari bank BCA terdekat yang ada di sekitar rumah, sehingga tidak menyulitkan. Kemudian, temui bagian satpam BCA dan sampaikan tujuan.

2. Isi Formulir Pengajuan

Selanjutnya, isi formulir pengajuan pinjaman kredit sesuai dengan data-data yang dimiliki. Pastikan semua data yang diisikan benar adanya, tanpa ada kesalahan ataupun pemalsuan tertentu. Pastikan pula saat mengisinya tidak ada kesalahan isi, agar tidak perlu dihapus.

3. Tunggu Prosesnya

Jika sudah melakukan pengisian formulir, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya yakni menunggu proses verifikasi serta persetujuannya. Hal ini penting untuk dilakukan agar, data-data dari calon peminjam benar adanya, tanpa mengada-ada.

Baca Juga  Informasi Daftar Saham LQ45 2021 Periode Februari Sampai Dengan Juli

4. Lakukan Akad Kredit

Kemudian langkah terakhir yang harus dilakukan yakni melakukan akad kredit. Akad ini menandakan bahwa pengajuan peminjaman telah disetujui oleh kedua belah pihak. Termasuk, persyaratan yang dikenakan untuk masing-masing.

Nah, itulah cara mengajukan pinjaman modal nikah di bank BCA serta jenis-jenis pinjaman yang dapat dijadikan modal nikah. Meski begitu, ada persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjamannya. Jadi, penuhi terlebih dahulu persyaratannya agar prosesnya juga dapat berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.