Perbedaan Dividen dan Capital Gain, Investor Harus Tahu!

Perbedaan Dividen dan Capital Gain, Investor Harus Tahu!

Perbedaan dividen dan capital gain memang tidak jauh-jauh amat, Karena sama sama sumber keuntungan bagi para investor. Dua hal ini hanya berbeda dari segi periode, cara mendapatkan, perhitungan, perkiraan dan lain sebagainya.

Capital gain adalah sebuah keuntungan yang didapat saat kamu menjual saham dengan harga yang lebih tinggi. Jadi keuntungan yang dimiliki capital gain didapat dari keuntungan tersebut. Sedangkan dividen adalah sebuah pembagian sebagian keuntungan dari perusahaan untuk para pemegang saham.

Perbedaan Dividen dan Capital Gain

Di dalam dunia investasi capital gain dan dividen adalah sesuatu hal yang sudah tidak asing lagi. Keduanya adalah keuntungan yang didapat investor dari perdagangan saham. Dividen adalah bonus dari penanaman modal yang diperuntukkan bagi semua investor dalam jangka waktu yang lama.

Bonus tersebut bersumber pada lb atau tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan. yang mana sebagian dari keuntungan tersebut dibagikan kepada para investor sebagai dividen. Sementara capital gain merupakan sebuah keuntungan yang didapat dari hasil penjualan saham.

Meskipun hal ini sama-sama menguntungkan akan tetapi capital gain dan dividen mempunyai sifat yang berbeda. berikut adalah perbedaanya.

Sumber perolehan

Perbedaan dividen dan capital gain ini sangat terlihat. Akan tetapi mereka ini sebenarnya sama, sama-sama menguntungkan. Dilihat dari sumber perolehannya, dividen memang sedikit berbeda daripada capital gain. Dividen didapat dalam waktu yang panjang, sekitar setahun dua tahun atau bahkan satu periode akuntansi. Namun seluruh laba yang dibagikan sebagai dividen untuk investor juga hanya sebagian saja.

Bagaimana dengan capital gain? Sumber perolehan capital gain adalah dari keuntungan atas selisihnya harga saham yang didapat. Harga saham sering mengalami pergerakan naik turun. Penjualan saham saat mendapati kenaikan harga otomatis kita akan mendapatkan keuntungan. Nah keuntungan dari penjualan inilah yang disebut capital gain. Jadi Capital gain tidak ada hubungannya sama keuntungan sebuah perusahaan. maka dari itu besarannya tidak dipengaruhi oleh keuntungan yang didapat perusahaan.

Baca Juga  Insider Trading: Definisi, Unsur, dan Upaya Pencegahannya

Waktu Perolehan

Pembagian dividen biasanya dilakukan satu tahun sekali dan besarannya ditetapkan dalam rapat RUPS. Akan tetapi ada kemungkinan perusahaan akan membagikan dividen interim. yaitu bonus sementara yang diberikan kepada investor secara berkala selama tahun berjalan. Pembagian dividen ini juga tidak sembarangan karena dividen interim masih harus ditetapkan berdasar keputusan direksi.

Berbeda jika dibandingkan dengan capital gainnya. Waktu dan perolehannya juga tak terikat dengan kebijakan perusahaannya. Capital gain bisa didapatkan sewaktu-waktu. Investor dapat menjual seluruh aset saham yang dimiliki saat lonjakan saham tinggi dan mendapat keuntungan yang cukup besar.

Sifat Pendapatan

Jika dilihat dari segi penghasilannya, dapat simpulkan bahwa pendapatan dividen adalah sebuah pendapatan yang bersifat pasif dan capital gain sendiri memiliki sifat yang aktif. Sifat pasif yang dimiliki dividen dikarenakan investor tidak banyak melakukan trading dan hanya bergantung pada laba yang diperoleh perusahaan kemudian dibagikan dalam bentuk dividen bisa bersifat tahunan dan interim bersifat Sementara.

Berbeda dengan capital gain, pendapatannya menuntut adanya keaktifan investor dalam memainkan aktivitas trading. Maka dari itu investor di haruskan untuk pintar dalam menganalisis agar mendapat keuntungan besar.

Seperti itulah perbedaan dividen dan capital gain. Untuk yang belum tahu mengenai hal ini, lebih baik untuk segera mencari tahu, agar dapat menentukan sebuah investasi dan mendapatkan peluang keuntungan yang lebih besar. Investasi sendiri merupakan sesuatu hal yang memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi akan tetapi memiliki tingkat keuntungan yang sangat tinggi juga. Semua tergantung siapa dan mengetahui bagaimana cara bermainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *