Investor Perlu Menganalisa Prospek Saham ANTM (wiratawan.com)
Investor Perlu Menganalisa Prospek Saham ANTM (wiratawan.com)

Investor Perlu Menganalisa Prospek Saham ANTM

Prospek saham ANTM sangat menjadi misteri, terutama tarik ulur informasinya di sosial media sangat banyak. Tesla menjadi investor, tidak jadi, ternyata ini itu yang membuat semakin misteri.

Apalagi saham ANTM di tahun 2021, rasanya seperti semakin rumit. Transaksinya benar-benar sangat gila.

Profil Aneka Tambang Dalam Prospek Saham ANTM

Nama yang sebenarnya adalah Aneka Tambang, merupakan perusahaan BUMN banyak yang bergerak di bidang pertambangan. Di masyarakat, Antam lebih dikenal sebagai produk emas batangan.

Tapi yang sebenarnya adalah perusahaan ini tidak hanya bergerak dalam usaha emas saja. Tambang memiliki banyak jenis yaitu emas, bijih nikel, feronikel, bauksit, bahkan batu bara juga ada. Emas dan nikel yang menjadi usaha paling besar.

Analisa Fundamental ANTM

Analisa Fundamental ANTM saya tulis terkait laba. Apalagi BUMN kinerjanya naik turun. Berdasarkan data IPOT, hasil labanya sebagai berikut.

a. 2014 kerugian 775 miliar

b. 2015 kerugian 1.4 triliun

c. 2015 keuntungan 64 miliar

d. 2016 keuntungan 136 miliar

e. 2017 keuntungan 136 miliar

f. 2018 keuntungan 1.6 triliun

g. 2019 keuntungan 193 miliar

Jika dilihat dari hasil labanya ada grafik yang jelas, satu tahun labanya biasa saja, satu tahun kemudian akan melonjak dengan pesat. Bahkan di tahun 2020 labanya sebanyak 1.14 triliun. Ini berarti siklusnya sedang mengalami kenaikan.

Mungkin banyak investor kagum dengan saham ANTM dengan kenaikan labanya yang mencapai 492%, setahun naik pesat, tahun berikutnya biasa saja.

Apalagi komoditas tambang harganya turun naik sesuai musim dan prospek. Secara teknikal saham ANTM dari tahun ke tahun akan mengalami naik turun. Psikologisnya dihargai dengan harga 1.000.

Analisa Teknikal ANTM

Tahun 2020 hingga tahun 2021 memicu kenaikan yang mendadak, karena adanya sesuatu yang memicu kenaikkan tersebut, yaitu berita tentang investasi baterai dari perusahaan luar negeri.

Baca Juga  Insider Trading: Definisi, Unsur, dan Upaya Pencegahannya

Tapi berita saham ANTM memang benar-benar menarik perhatian semua media. Sehingga sedikit munculnya kabar langsung share atau dicerna para investor, akibatnya ini yang membuat meledak.

Prospek Saham ANTM 2021 2022

Prospek saham ANTM 2021 2022, tentu harus kalian analisa. Secara sektor, nikel dan emas, prospek kedepannya memang pasti sangat cerah. Kedua komoditas ini mengambil peran penting terutama untuk usaha nikel yang menjadi pokok untuk teknologi listrik.

Kalian lihat sejenak kinerja Aneka Tambang, dari situlah prospek saham ANTM tahun 2021 2022. ANTM dikenal sebagai perusahaan yang meraih laba minimalis berbanding dengan ekuitasnya. ROE dari tahun ke tahun sering dibawah 5%, hanya pada tahun 2018 mencapai 8% padahal outlet emasnya dimana-mana.

Kedua, prospek aneka usaha Tambang memang kelihatan cerah, tapi menurut harganya harus dipertimbnagkan. Harga sekarang, 2300-an, PER sudah 120 kali.

Biasanya maksimal dua kali atau lebih dari dua kali perbankan atau consumer good. Jika ditanya harganya terus naik, semua lebih cenderung dengan menilai secara teknikal. Secara fundamental plus psikologis, saham ini berharga normal kisaran di seribuan, mungkin dengan harga 1500-1800.

Apalagi saham ANTM bukan dikenal sebagai saham yang besar tapi lebih cenderung loyal memberikan dividen. Capital gain kini telah menjadi naik. Sehingga secara prospek saham ANTM tidak begitu cerah biasanya.

Kesimpulan dan Saran Saham ANTM

Apalagi kenaikan saham ini tidak begitu fenomenal di kalangan para investor, banyak yang masuk dengan angka 1200an, yang berarti hanya dua kali lipat saja, ini bukan golongan multi bagger misalnya seperti BRIS, atau MDKA. Cuman keaktifkannya bukan main.

Sarannya, cobalah sedikit mengetahui fundamental perusahaan agar segala sesuatu  jadi kembali ke fundamentalnya. Kalian bisa menggunakan teknikal sebagai timing untuk membeli dan menjual.

Baca Juga  Perbedaan Dividen dan Capital Gain, Investor Harus Tahu!

Bukan hanya itu saja sarannya, masih banyak saham di IHSG yang potensial, sekitar ada 600-an emiten. Tidak hanya prospek saham ANTM saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *