aplikasi untuk menyetem gitar

5 Aplikasi Untuk Menyetem Gitar Ini Memudahkan Para Gitaris Pemula

Baru belajar gitar atau sudah handal namun punya kesulitan saat melakukan penyetelan? Tenang, dengan handphone masing-masing, kini stem gitar agar terdengar merdu tidak perlu susah lagi. Pengguna tinggal unduh saja aplikasi untuk menyetem gitar di Android atau iOS masing-masing. Masalah tentu cepat teratasi. Apa saja sih aplikasi stem gitar itu? Daripada penasaran,  ini dia 5 aplikasi menyetem gitar paling mudah dan gratis:

1. Pro Guitar Tuner

Aplikasi untuk menyetem gitar yang pertama adalah Pro Guitar Tuner. Sesuai namanya, aplikasi ini ditujukan atau dibuat untuk para professional guitarist. Namun, bagi para pemula yang sedang belajar gitar, tidak salah kok mengunduh aplikasi ini. Toh, aplikasi ini sama-sama membantu untuk menyetem gitar dengan mudah.

Setiap petikan nada dari gitar harus pas, sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan. Pasalnya, Pro Guitar Tuner sangat peka terhadap bunyi. Aplikasi ini akan mendeteksi nada apa yang dibunyikan. Pada bagian dalamnya, nanti akan ada nada digital yang muncul jika seseorang membunyikan alat musik petik.

2. Guitar Tunio

Memiliki tampilan yang menarik membuat Guitar Tunio menjadi favorit anak muda. Pada layar awal pada aplikasi akan ditampilan kepala gitar yang kekinian dengan background hitam yang manly. Pengguna bisa langsung mengatur nada gitar yang sesuai dengan membunyikannya.

Bahkan, di sana sudah ada petunjuk nada yang tepat jadi suara gitar nggak akan terdengar fals lagi. Karena mempunyai tingkat kepekaan terhadap nada yang cukup tinggi, aplikasi ini bisa digunakan untuk stem alat musik lain seperti bass dan mandolin bahkan kentrung sekalipun. Menarik, bukan?

3. Pano Tuner

Bagi gitaris yang suka dengan hal-hal yang berbau klasik, Pano Tuner adalah aplikasi stem gitar yang cocok nih. Ketika sudah mengunduh aplikasi ini di Play Store, pengguna akan diberi tampilan yang simple namun bergaya seni tinggi layaknya warna dan gaya klasik.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Foto Yang Rusak Di Memory Card Menggunakan PC

Fitur aplikasi Pano Tuner tidak kalah dengan pesaingnya walaupun displaynya sangat minimalis. Tingkat kepekaan terhadap bunyi pun juga tidak kalah hebat. Keunggulan lain yang dimiliki oleh Pano Tuner adalah pengaturannya yang bisa digunakan untuk menyetel tingkat kepekaan terhadap bunyi dan bahkan bisa mengatur tingkat sensitifitas terhadap konser di dalam gedung maupun outdoor. Selain banyak kelebihan, aplikasi ini gratis lho.

4. Guitar Tuna

Tidak ingin hanya mengunduh aplikasi stem saja yang memberatkan handphone? Tenang saja, Guitar Tuna memiliki multifungsi sehingga tidak sia-sia jika pengguna mengunduh aplikasi ini. Selain stem gitar dengan tampilan menarik, aplikasi satu ini bisa digunakan untuk metronom dan mencatat chord. Jadi, jika ingin belajar gitar tidak perlu lagi buka aplikasi sana-sini. Cukup dalam satu aplikasi, semua bisa dilakukan. Apabila bosan bermain gitar, pengguna bisa lho bermain games yang sudah disediakan di dalam aplikasi ini. Seru sekali, bukan.

5. DaTuner

Adapun terakhir ada DaTuner yang juga kerap dipakai anak muda. Aplikasi stem yang satu ini punya gaya digital yang masa kini banget. Tidak heran penggunanya akan setia menggunakan aplikasi DaTuner. Masih sama dengan fitur aplikasi lain, DaTuner juga dilengkapi dengan tingkat sensitivitas terhadap nada yang sangat baik. Pengguna bisa langsung mengetahui nada yang dibunyikan benar atau tidak.

Nah, itulah lima nama aplikasi untuk menyetem gitar yang bisa diunduh secara gratis di Android maupun iOS. Melakukan penyeteman gitar sekarang tidak perlu menggunakan stem manual atau digital lagi, kan. Terlebih, stem digital harus dibeli dulu. Jika menggunakan handphone tentu stem gitar bisa dilakukan dimanapun saja serta kapan saja tanpa bawa alat bantu tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.