Insider Trading Definisi, Unsur, dan Upaya Pencegahannya (youtube.com)
Insider Trading Definisi, Unsur, dan Upaya Pencegahannya (youtube.com)

Insider Trading: Definisi, Unsur, dan Upaya Pencegahannya

Insider trading, bagi yang sudah lama bergelut dalam dunia investasi, tentunya tidak akan asing lagi dengan istilah tersebut. Namun bagi pemula, barangkali Anda masih sangat awam dengan kata tersebut.

Dalam sudut kehidupan, baik bisnis maupun pekerjaan yang lain tentunya informasi adalah hal penting yang wajib untuk kebutuhan manusia. Akan tetapi, pernahkah Anda menuai pemikiran apabila informasi yang Anda terima akan banyak mengandung untung untuk Anda namun mendorong Anda terhadap praktik yang tidak memiliki izin alias illegal?

Definisi Insider Trading

Praktik ilegal tidak menutup kemungkinan terjadi dalam ranah investasi. Terlebih mengingat pasar modal yang sangat rentan dengan rumor terkait informasi strategis yang memberikan dampak terhadap harga saham sebuah perusahaan.

Selanjutnya, investor yang hendak melakukan pembelian tentunya perlu mengantongi sejumlah informasi sebagai penunjang keputusan apa yang akan ia ambil. Akan tetapi, sekarang ini banyak ditemukan investor memperoleh informasi tidak hanya dari pihak ketiga, melainkan menggunakan orang dalam perusahaan emiten. Hal inilah nantinya yang akan dinamakan sebuah insider dalam trading.

Insider Trading merupakan sebah malpraktik dalam sebuah investasi. Dimana seorang investor memanfaatkan informasi yang pasti untuk mendapatkan potensi keuntungan dalam aktivitas jual beli saham. Informasi pasti tersebut tidak lain bersumber dari orang dalam dari perusahaan yang dimaksud.

Hal tersebut menjadi sebuah praktik ilegal karena mengandung ketidakadilan dalam pemberian dan penerimaan informasi yang hanya ditujukan pada orang-orang yang dekat, atau terhubung satu dengan yang lain. Arti lainnya, informasi yang diberikan tersebut tidak termasuk informasi yang tersebar untuk publik secara meluas.

Unsur-Unsur 

Berdasarkan UU No. 8 Th. 1995 Pasar Modal, bisa kita uraikan bahwasanya insider trading bisa terjadi apabila memenuhi beberapa unsur yaitu:

  1. Keterkaitan dengan orang dalam. Unsur ini merujuk pada orang-orang yang terlarang insider trading seperti, komisaris, direktur, pegawai emiten, pemegang utama saham suatu emiten, dan pihak-pihak yang mempunyai keterkaitan dengan perusahan emiten yang dimaksud.
  2. Terdapat Informasi orang dalam yang bersifat material dan belum disebarluaskan pada masyarakat luas atau belum dipublikasikan. Artian dalam unsur yang satu ini adalah informasi yang memuat data dan fakta penting yang relevan terkait kejadian atau fakta yang berpengaruh pada harga efek. Sedangkan bagi para investor, informasi material tersebut bisa memberikan ia pertimbangan untuk lanjut atau tidaknya transaksi jual beli.
  3. Terdapat unsur transaksi perdagangan efek yang dilakukan oleh orang dalam perusahaan emiten terkait berdasarkan informasi tersebut. Pernyataan ini menghubungkan dengan kasus tindakan insider dalam trading yang bertindak atas informasi yang belum disebarluaskan pada masyarakat luas (publik).
Baca Juga  Mengenal Tentang Saham Smartfren Beserta Perinciannya

Pelaku dan Pencegahannya

Tidak tanggung-tanggung, pelaku insider ini sudah termasuk dalam kasus hukum berat. Pelaku yang sudah terbukti melakukan insider trading akan dijatuhi hukuman mulai dari hukuman moneter hingga mendekam di jeruji penjara.

Praktik ini menjadi terlarang di banyak negara karena dapat melemahkan kepercayaan investor terhadap pasar finansial suatu negara. Individu investor yang memanfaatkan informasi non publik dalam perdagangan sekuritas atau saham tentunya lebih unggul ketimbang para investor lain. Hal tersebut juga mendatangkan keuntungan sepihak saja yang jauh melebihi keuntungan investor umumnya.

Untuk mencegah adanya malpraktek tersebut, terdapat kebijakan yang tertuang dalam code of conduct. Di dalamnya terdapat pula aturan yang berhubungan dengan perolehan informasi melalui cara yang berizin. Tidak hanya itu pelaku investor juga harus menggunakan prinsip-prinsip etika usaha yang berlaku.

Dengan menerapkan aturan demikian, maka setiap negara, terkhusus Indonesia bisa terhindar dari adanya operasi investasi yang tidak berizin dan sistem ekonomi berjalan semestinya sesuai harapan, seperti insider trading.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *