10 Cara Jitu Belajar Yang Efektif, Efisien dan Cepet Paham

10 CARA JITU BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN DAN CEPET PAHAM

Menulis, Pena, Pria, Tinta, Kertas


Artikel ini berisi bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien bagi para pelajar masa kini.

Di masa sekarang, belajar merupakan suatu keharusan dan juga tuntutan bagi para pelajar indonesia. Tuntutan untuk belajar bukan hanya berasal dari diri sendiri, melainkan tuntutan dari guru dan orang tua juga menambah beban bagi mereka. Bayangkan saja para pelajar indonesia rata-rata belajar selama 10 jam disekolah,

Belum lagi ketika sampai dirumah, orang tua menuntut mereka untuk belajar lagi dimalam hari, gimanagak stres coba?

Untuk itu kami menulis artikel “cara belajar efektif dan efisien” sebagai solusi bagi para pelajar indonesia yang belum menemukan cara yang tepat dalam memilih metode belajar yang berkualitas.

Berikut beberapa langkah yang bisa kalian terapkan dalam memilih metode belajar yang berkualitas tapi tetap menyenangkan:

1.    KUMPULKAN NIAT


Wanita, Asia, Anak Perempuan, Foto-Foto Indah, Kaki

Langkah awal yang harus kalian lakukan sebelum belajar adalah NIAT, meski terlihat mudah, tapi mengumpulkan niat sebelum belajar sering disepelekan loh guys. Niat adalah kunci utama dalam melakukan segala hal.

So, sebelum kalian mulai belajar kumpulkan niat betul  betul ya!

2.    TENTUKAN TUJUAN


Orang, Laki Laki, Sinar Matahari, Melalui, Jendela
Sebelum belajar kalian juga mesti menentukan tujuan atau target yang akan kalian capai, misal tujuan kalian belajar adalah untuk Memasuki perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia.

  Untuk memasuki perguruan tinggi tersebut kaluan harus memiliki nilai yang mumpuni, nilai tersebut dapat kalian peroleh dengan cara rajin belajar.

3.    PILIH TEMPAT YANG NYAMAN UNTUK BELAJAR


Oilseed Perkosaan, Bidang Rapeseed

Langkah selanjutnya yang dapat kalian lakukan agar belajar menjadi efektif dan efisien adalah memilih tempat yang nyaman untuk belajar.

 Misalnya, kalian  lebih suka tempat yang sepi dan tenang saat belajar, kalian bisa memilih kamar sebagai ruangan untuk belajar, selain itu posisikan diri kalian senyaman mungkin saat belajar, agar apa yang kalian pelajari dapat dipahami dengan mudah.

4.    ATUR JADWAL BELAJAR




Cara ini lumayan susah dilakukan, karena kalian harus disiplin dalam mentaati jam belajar. Kalian juga harus tegas dalam menentukan waktu belajar, agar waktu kalian tidak terbuang sia-sia.

 Misal, dari jam 7 sampai jam 8 malam kalian harus belajar, tapi perhatikan juga waktu istirahat kalian, jangan terlalu memaksakan ya guys!

Baca juga :3 RESEP NASI GORENG SEDERHANA RASA MEWAH


5.    MEMBUAT RINGKASAN


Membuat ringkasan pelajaran merupakan salah satu cara yang paling efektif dan efisien dalam memahami pelajaran.

 Membuat ringkasan kalian dapat menggunakan metode mindmapping. MindMapping(peta pikiran) dicetuskan oleh pakar pendidikan Tony Buzan, metode ini terbukti ampuh untuk mengingat materi pelajaran.

6.    BELAJAR BERSAMA TEMAN


Buku, Asia, Anak Anak, Anak Laki Laki

 Belajar bersama teman juga bisa kalian lakukan, ketika sulit memahami suatu materi pelajaran kalian bisa bertanya pada teman dan memintanya mengajari pada kalian.

 Biasanya penjelasan dari teman lebih mudah dipahami dibandingkan dengan penjelasan dari guru dikelas.

7.    JANGAN MALU BERTANYA


Wanita, Wajah, Bullying, Stres, Malu
 Sering kita menjumpai banyak siswa yang belum paham tapi diam saja ketika guru mempersilahkan mereka untuk bertanya.

 Biasanya mereka  diam karena malu untuk bertanya, sehingga mereka tidak paham materi pelajaran tersebut. So , buat kalian semua jangan sampai malu bertanya ya! Ingat malu bertanya sesat dijalan!!

8. HINDARI METODE SKS 


Buku, Kaki, Orang, Membaca, Studi

  SKS atau Sistem Kebut Semalam, biasanya dilakukan oleh para pelajar Indonesia ketika menjelang ujian.
 Sebenarnya metode ini sangatlah tidak efektif. Dengan kalian belajar semalam suntuk bukannya kalian memahami materi, tapi malah akan mengganggu kesehatan kalian dan juga menyebabkan ngantuk saat mengerjakan ujian dipagi hari, akibatnya kalian tidak bisa mengerjakan ujian dengan maksimal.

9.    MEMAHAMI BUKAN MENGHAFAL



Sendirian, Buku, Dinding Bata, Pria

 Hal ini sering menjadi kesalahan terbesar bagi para pelajar. Menghafal memang ampuh untuk mendapatkan nilai yang memuasakan, tapi dengan menghafal materi yang kalian pelajari tidak akan bertahan lama dalam otak.

Baca juga :3 RESEP NASI GORENG SEDERHANA RASA MEWAH




 Bahkan sering terjadi siswa yang baru saja keluar ruangan ujian sudah lupa materi apa yang dihafalnya. So, buat kalian semua belajarlah memahami materi pelajaran bukan hanya menghafalnya.

10.    BERDOA


Doa, Berdoa Man, Ilustrasi, Keagamaan

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah berdoa. Karena usaha tanpa doa akan sia-sia.

 Jadi Jangan lah kita Lalai dengan berdoa karna doa itu ibarat kita naik sepeda walaupun sekarang doa kita belum terkabul pasti suatu saat akan terkabul juga

Yaps, itu tadi beberapa cara yang dapat kalian lakukan agar belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Selamat mencoba, semoga bermanfaat and keep spirit guys!!

 Thank You


0 Response to "10 Cara Jitu Belajar Yang Efektif, Efisien dan Cepet Paham"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel