Wajib Baca! 5 Amalan Yang Bisa Wanita Haid Lakukan Di Bulan Ramadhan

Wanita diciptakan oleh Alloh dengan banyak keistimewaan, ketika kecil ia sebagai pembuka pintu surga bagi kedua orang tuanya, ketika menjadi istri ia merupakan penyempurna agama suaminya, dan ketika ia menjadi ibu surga ada dibawah telapak kakinya.

Matahari Terbit, Wanita Muslim, Wanita 


Sungguh mulia Alloh menciptakan wanita, selain itu Alloh juga memberikan suatu keistimewaan kepada seorang wanita yaitu haid. Dalam islam, haid merupakan masa dimana seorang wanita dalam keadaan tidak suci atau kotor, dan diharamkan baginya untuk melakukan beberapa ibadah seperti solat, puasa, dan membaca Al-Qur’an. Sementara ketika bulan ramadhan setiap muslim diwjibkan melaksanakan ibadah puasa. Bagaimana dengan wanita haid, ia tidak boleh puasa, membaca Al-Qur’an bahkan tidak diperbolehkan solat. Lalu amalan apa yang dapat dilakukan wanita haid di bulan ramadhan? Mari kita simak penjelasannya berikut:

Baca Juga : 3 Tips Bangun Tidur Agar Hari Anda Lebih Sehat dan Bersemangat

1.    Berdoa dan Berdzikir kepada Alloh


Berdoa merupakan ibadah yang dapat dilakukan dimana saja, oleh siapa saja dan kapan saja. Wanita haid juga tidak dilarang untuk berdoa kepada Alloh. Sehingga berdoa merupakan amalan yang paling mudah dilakukan wanita ketika haid.
Berdzikir merupakan perbuatan yang dianjurkan untuk siapa saja dan kapan saja. Dzikir adalah indikasi hidupnya hati, maka perbanyaklah berdzikir kepada Alloh.

2.    Mencari Ilmu

Selanjutnya amalan yang dapat dilakukan wanita haid adalah mencari ilmu. Mencari ilmu bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bahkan ditengah pandemi virus covid-19 ini yang melarang kita agar tidak melakukan banyak aktivitas diluar rumah, kita masih bisa mencari ilmu loh, salah satunya dengan mendengarkan kajian-kajian secara online maupun ditelevisi. Karena mencari ilmu bukan berarti kita harus bertatap muka dengan orang yang memberi ilmu, walaupun jauh asal kita mendapatkan ilmu dari apa yang disampaikan, itu sudah termasuk kategori mencari ilmu.

3.    Melakukan kegiatan sosial


Gimana caranya? Kita kan harus melakukan social dintancing, bagaimana bisa melakukan kegiatan sosial? Eitts,,, tenang saja kegiatan sosial bukan berarti kita harus terjun langsung membantu orang-orang diluaran sana loh, kita dapat melakukan kegiatan sosial dengan cara menyalurkan donasi untuk orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, adalagi kegiatan sosial yang sangat mudah untuk dilakukan misalnya membagikan makanan berbuka puasa kepada tetangga-tetangga terdekat, sehingga kita tidak perlu pergi jauh-jauh.

4.    Mendengaran murrotal


Walaupun wanita haid tidak diperbolehkan membaca Al-Qur’an, tapi mendengarkan orang yang membaca Aal-Qur’an diperbolehkan loh dan mendapat pahala pula. Apalagi ketika haid biasanya mood perempuan naik turun dari pada mendengarkan lagu-lagu galau, mending mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an, hati jadi tenang pahala pun bertambah.

Baca Juga : 10 Cara Jitu Belajar Yang Efektif, Efisien dan Cepet Paham

5.    Membangunkan dan menyiapkan makan sahur


Amalan terakhir yang dapat dilakukan wanita haid adalah membangunkan dan menyiapkan makan sahur, walaupun wanita yang sedang haid tidak ikut berpuasa, apa salahnya ikut membantu menyiapkan dan membangunkan anggota keluarga untuk makan sahur, ketika semua itu diniatkan untuk ibadah dan dilakukan dengan hati yang ikhlas, insyaaloh akan mendapat pahala dari Alloh.

Masih banyak lagi amalan atau ibadah yang bisa dilakukan wanita haid di bulan ramadhan, jadi jangan jadikan haid sebagai alasan untuk menunda-nunda dalam beribadah.

0 Response to "Wajib Baca! 5 Amalan Yang Bisa Wanita Haid Lakukan Di Bulan Ramadhan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel