Wajib Tahu! Cara Cepat Khatam Al-Qur’an saat Ramadhan




Assalamu’alaikum warrahmatullohi wabarrakatuh
Apasih Khatam itu?Khatam berarti tuntas atau menuntaskan, jadi khataam Al-Qur’an berarti Menuntaaskan dalam membaca Al-Qur’an.

Tak terasa saat ini kita telah berjumpa dengan bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam, yaitu bulan suci ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan bulan yang penuh ampunan, bahkan saat bulan suci ramadhan segala ibadah yang dilakukan oleh umat islam akan dilipat gandakan pahalanya oleh Alloh SWT. Untuk itu banyak orang yang berlomba-lomba dalam hal beribadah kepada alloh. Salah satunya yaitu membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkannya.

Saat bulan ramadhan banyak orang-orang yang berniat untuk mengkhatamkan Al-Qur’an tapi terkadang terhalang oleh kesibukan lainnya, untuk itu disini saya akan memberikan tips mengkhatamkan Al-Qur’an saat bulan ramadhan.

 Baca Juga : 5 Amalan Yang Bisa Wanita Yang Sedang Haid Lakukan Di Bulan Ramadhan

 
Al-Qur’an terdiri dari 30 Juz, satu Juz biasanya terdiri dari ±10 lembar, kita solat fardhu 5 kali sehari, jika kita membaca Al-Qur’an setiap selesai solat fardhu maka kita dapat merumuskan agar kita dapat khatam Al-Qur’an 1x,2x,3x bahkan berkali kali pada saat bulan Ramadhan ini.


·         Untuk 1 kali khatam :

1.       Solat Subuh : 2 lembar
2.       Solat Dhuhur : 2 lembar
3.       Solat Asar : 2 lembar
4.       Solat Maghrib : 2 lembar
5.       Solat Isya : 2 lembar
Maka dalam sehari kita mampu membaca 10 lembar yang berarti 1 juz, jadi selama 30 hari kita bisa mengkhatamkan 30 juz AL-Qur’an.

·         Untuk 2 kali khatam

1.       Solat subuh : 4 lembar
2.       Solat dhuhur : 4 lembar
3.       Solat asar : 4 lembar
4.       Solat maghrib : 4 lembar
5.       Solat isya : 4 lembar
Agar dapat mengkhatamkan Al-Qur’an 2 kali dalam satu bulan maka kalian harus membaca minimal 4 lembar setiap selesai solat fardhu.

·         Untuk 3 kali khatam

1.       Solat subuh : 6 lembar
2.       Solat dhuhur : 6 lembar
3.       Solat asar : 6 lembar
4.       Solat maghrib : 6 lembar
5.       Solat isya : 6 lembar
Buat kalian yang ingin  khatam Al-Qur’an sebanyak 3 kali dalam bulan ramadhan, bisa coba cara diatas.

Nah itu tadi tips-tips mengkhatamkan Al-Qur’an selama bulan Ramadhan, untuk kalian yang mampu dan memiliki banyak waktu kalian juga bisa membaca 1 juz disetiap kali selesai solat, jadi dalam 1 bulan kalian dapat mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 5 kali.


Tapi kembali lagi pada diri sendiri,  mantapkan dulu niat membaca Al-Qur’an hanya karena Alloh bukan untuk mencari pujian dari orang lain, dan usahakan membaca Al-Qur’an setiap hari bukan hanya ketika bulan Ramadhan saja.
Sekian tips yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat, aamiin....

Wassalamua’alaikum Warrahmatullohi Wabarrakatuh.....

0 Response to " Wajib Tahu! Cara Cepat Khatam Al-Qur’an saat Ramadhan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel