Tips Bebas Virus Berbahaya di Laptop dan Komputer

Tips Bebas Virus Berbahaya di Laptop dan Komputer - Virus komputer dan laptop masih menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa pengguna komputer desktop dan laptop. Karena, jika perangkat komputer Anda terinfeksi virus dapat menyebabkan berbagai efek negatif termasuk hilangnya data di komputer, kinerja komputer yang menjadi lamban dan berat, banyak file yang tiba-tiba tersembunyi atau tidak dapat dibuka dan banyak lagi.

Tips Bebas Virus Berbahaya di Laptop dan Komputer

Bahkan jika dibiarkan, virus komputer dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Kemudian komputer bebas virus menjadi impian setiap pengguna komputer dan laptop.

Tidak mengherankan, beberapa komputer dipengaruhi oleh virus jenis ini, hard drive terasa penuh. Ada juga jenis virus Trojan. Jenis virus ini bekerja dengan mengambil data penting dari komputer yang terinfeksi dan mengirimkannya ke pembuat Trojan. Tidak mengherankan, virus ini cukup ditakuti oleh pemilik komputer

Baca Juga : 5 Langkah Praktis Mengatasi Sinyal Lemah Pada Android

Oleh karena itu, lebih baik bagi Anda untuk memperhatikan keamanan komputer dan laptop yang Anda gunakan, terutama jika Anda sering terhubung ke internet atau sering menggunakan perangkat flash yang berbeda. Ok berikut menyajikan tip mudah untuk komputer yang bebas dari virus.

·         Gunakan Anti Virus

Aplikasi atau program ini telah menjadi program paling penting untuk melindungi perangkat komputer dari serangan virus komputer. Antivirus akan memindai file yang telah terinfeksi virus sehingga dapat mendeteksi keberadaan virus saat menghapusnya sehingga tidak menyebar lebih luas.

Untungnya, saat ini ada banyak opsi antivirus. Anda dapat mencoba anti-virus Windows atau antivirus pihak ketiga. Yang paling penting, setelah menginstal antivirus adalah untuk selalu memperbarui antivirus ke versi terbaru sehingga program ini dapat mendeteksi virus terbaru. Dengan demikian, kinerja komputer tetap optimal.

Anda dapat mengaktifkan fitur Auto Protect Realtime sehingga komputer atau laptop Anda bebas virus setiap saat. Nantinya, anti-virus akan secara otomatis menghapus ketika virus terdeteksi.

Bagaimana Cara Bebas dari Virus Komputer?

·         Atur Jadwal Pemindaian Virus

Jika komputer atau laptop Anda sering digunakan setiap hari, baik untuk bekerja, tugas sekolah atau browsing, Anda harus sering melakukan pemeriksaan rutin atau memindai secara menyeluruh. Anda dapat memindai seluruh sistem di komputer Anda dengan membuat jadwal.

Anda juga dapat memindai terlebih dahulu di media penyimpanan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus yang dibawa dari perangkat lain seperti flash atau kartu memori. Yang terpenting, jangan membuka file secara terbuka, terutama file yang mencurigakan seperti file shortcut.

·         Aktifkan Firewall

Anda juga dapat mengaktifkan firewall untuk mengontrol akses keamanan antara jaringan internet yang aman dan jaringan yang tidak terpercaya. Firewall juga berguna untuk 

mengautentikasi akses, melindungi sumber daya jaringan dan merekam semua peristiwa di Administrator.

Untuk pengguna komputer Windows, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan fitur ini. Jika Anda merasa Firewall default tidak memenuhi syarat, Anda dapat menggunakan Firewall pihak ketiga.

·         Jangan buka email atau spam acak apa pun

Email adalah salah satu media paling umum untuk menyebarkan virus komputer. Jadi, jangan buka email atau spam dari sumber yang tidak jelas. Untungnya beberapa program email akan segera memindahkan file yang dicurigai (mengandung virus, malware atau sejenisnya) akan langsung dipindahkan ke folder spam atau sampah. Jika Anda sering menerima email dengan lampiran file atau lampiran, Anda harus terlebih dahulu memindai file lampiran agar komputer bebas virus.

 

0 Response to "Tips Bebas Virus Berbahaya di Laptop dan Komputer"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel