Cara Mudah Memperbaiki Software HP yang Rusak

Cara Mudah Memperbaiki Software HP yang Rusak

Cara Mudah Memperbaiki Software HP yang Rusak - Di jaman sekarang ini HP telah menjadi sebuah barang yang wajib di miliki setiap orang. Bagaimana tidak? Fungsi HP sekarang ini bisa mempermudah pekerjaan manusia setiap harinya. Seperti mengirim pesan, membeli barang, menjual barang, bahkan bisa di gunakan sebagi alat mendokumentasikan aktifitas sehari hari. Maka sebab itu, semua orang pasti memilikinya, dari anak-anak sampai dewasa.

Cara-Mudah-Memperbaiki-Software-HP-yang-Rusak

Tentunya, siapa sih yang mau HP kita sampai rusak. Namun demikian, sesuatu yang di buat oleh manusia pasti halnya akan mengalami kerusakan. 

Contohnya seperti, bootlop, lupa password, restart sendiri, hardbrick dan masih banyak lagi, jika HP anda mengalami hal yang semacam itu, sudah bisa di pastikan adanya masalah di bagian software yang ada pada HP kalian semua

Penyebabnya pun bermacam macam, mungkin karena HP kalian terkena virus yang berbahaya, atau bug software, mungkin juga karena kesalahan pada saat pemrograman yang mengakibatkan kegagalan proses sistem untuk bekerja.

Mungkin kalian semua dan termasuk saya juga, pada zaman dulu saat HP kita mengalami kerusakan pastinya harus membawanya pada tukang service untuk di lakukan flashing menggunakan box flasher.

 Karena harga box flasher yang terkesan mahal dan pastinya menguras duwit juga, dan mungkin kita akan berfikir 2x untuk membetulkanya di tukang service. Nah sekarang ini kita gak perlu lagi pergi ke tukang service, karena sekarang hampir semua tipe HP dapat di flashing tanpa menggunakan box flasher

Kenapa sih, HP sekarang bisa di flashing terutama OS Android, tanpa menggunakan box flashing? Itu karena HP Android memiliki :

• Memiliki menu ‘Download’

Menu download berguna untuk mengganti mode normal ke mode flashing, maka komputer dapat mendeteksi HP untuk dilakukan flashing walaupun HP mati total.

• Menu “Recovery”

Fungsi dari menu ini adalah untuk memberikan akses supaya dapat melakukan factory reset. Factory reset merupakan cara untuk mereset semua pengaturan yang ada di HP kita secara keseluruhan. Mungkin cara ini dapat mengatasi bug yang terjadi di HP kita. Kelemahan cara ini adalah semua data yang terdapat dalam HP kita akan hilang secara permanen

• Support ‘Firmware Download’

Dulu, Jarang sekali orang yang mempunyai firmware HP, pada zaman sekarang ini banyak orang yang memodifikasi atau membuat fiemware versi sendiri dengan kernelnya dari android, alasanya karena di Android bersifat open source. Jadi pengguna bebas memodifikasi Android mereka sesuka hati.

 • Mudah Diretas

Ini adalah kekurangan open source, karena pengguna Android bebas melakukan modifikasi, maka banyak pihak yang memanfaatkanya untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang ilegal, contohnya membuat ROM bajakan dengan mencontoh ROM aslinya.

Baca Juga : Tips dan Trik tentang Chrome untuk Android

Nah dilihat dari penyebabnya cara memperbaiki software HP mungkin tidak perlu lagi di bawa ke tukang sevice HP kecuali kerusakanya bener – bener parah dan kita tidak sanggup memperbaiki sendiri. Ini adalah cara mudah memperbaiki software HP yang rusak:

1. Soft Reset

Soft Reset atau restar ringan dapat di lakukan jika HP kalian mengalami hang. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menekan tombol power sampai HP tidak berfungsi atau dengan mencopot batrai yang melekat pada HP kalian. Lalu hidupkan kembali HP kalian, Supaya HP kalian tidak hang lagi, jangan jalankan aplikasi yang memakan banyak ram atau mencopot pemasangan aplikasi yang tidak penting, agar Ram HP kalian tidak penuh

2. Uninstall Aplikasi

Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi, apalagi aplikasi yang memakan banyak RAM dan dapat membuat HP kita semakin lambat bahkan parahnya akan ngehang, Saran saya Pasanglah aplikasi yang menurutmu penting atau belilah HP dengan kapasitas RAM yang besar agar HP kalian mendukung aplikasi – aplikasi yang sifatnya berat.

3. Unroot

Istilah Rooting tidak asing Lagi di telinga kita, Rooting adalah proses membuka akses administrator HP agar bisa di modifikasi, proses ini sangatlah berbahaya jika kita salah melangkah dalam memodifikasi Software HP maka akan mengakibatkan hang,bootlop, bahkan lebih parahnya dapat mengakibatkan HP matot, maka mulai dari sekarang jika HP anda sudah di rooting makan lakukan Unroot lah, agar tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan.

4. Upgrade

Upgrade disini merupakan upgrade versi OS HP ke versi yang terbaru dengan cara yang benar dan sesuai prosedur yang ada di setiap HP kalian masing – masing.

Caranya adalah memastikan terlebih dahulu ketersediaan software yang terbaru, dengan mengeceknya di menu Setelan/Setting > Tentang Telepon/ About Phone > Pembaharuan > Update

Jika tersedia pembaharuanya lalu pilih update, sebelum itu kalian harus mengecek kuota apakah cukup atau tidak untuk mendownload pembahatuan tersebut, dan mengecek batrai HP kalian.

Saran saya batrai HP minimal untuk melakukan pembaharuan dikisaran 60% hal ini dilakukan agar saat melakukan pembaharuan HP kita tidak mati dan terjadi sistem corup.

5. Hard reset

Hard reset merupakan cara yang benar – benar menyetel ulang HP kalian kw kondisi Seperti baru lagi. Sehingga semua akan berjalan seperti awal lagi dan resikonya setelah melakukan Hard reset, semua data – data yang tersimpan pada HP kalian akan hilang tanpa tersisa satu pun.

Maka saran saya sebelum melakukan Hard Reset, backup data – data penting kalian terlebih dahulu.

6. Flashing

Flashing merupakan cara terakhir untuk memperbaiki software HP yang rusak, caranya pun gampang – gampang susah karena kita harus mengetahui merek HP dan model serta cara melakukan Flashing yang benar supaya tidak terjadi hal – hal yang kita tidak inginkan

Mungkin hanya itu saja cara mudah memperbaiki software HP yang Rusak, Saran saya rawatlah HP kalian dan seperti kalian merawat diri sendiri dan jangan terlalu sering bermain HP karena banyak sekali efek sampingnya contohnya seperti mata minus, Lupa waktu, Lupa akan Kewajiban dan bahkan lebih buruknya adalah dapat membuat kita terkena kanker otak. 

0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Software HP yang Rusak"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel