Tips Efektif untuk Merawat Komputer Server

Tips Efektif untuk Merawat Komputer Server

Tips Efektif untuk Merawat Komputer Server - Banyak yang tidak tahu bahwa komputer server memiliki cara perawatan yang berbeda dari komputer pada umumnya. Kurangnya pengetahuan tentang cara merawat server dapat menyebabkan penurunan kemampuan server sehingga tidak bisa bekerja secara optimal.
Tips-Efektif-Untuk-Merawat-Komputer-Server

Bahkan kesalahan dalam merawat server dapat menyebabkan server hidup lebih pendek dari yang seharusnya sehingga akan merugikan perusahaan karena berulang kali menghabiskan dana untuk membeli server meskipun itu dapat dihindari.

Agar perusahaan Anda tidak membuat kesalahan yang akan membahayakan ini, berikut adalah tujuh hal yang harus Anda pertimbangkan dalam merawat komputer server:

·         PC untuk server memerlukan ruang khusus yang terpisah.

Ya, banyak yang tidak tahu bahwa PC untuk server harus memiliki ruang sendiri yang dapat menampung berbagai perangkat keras yang juga memiliki perangkat keras jaringan. Ini karena server bekerja selama 24 jam tanpa diizinkan berhenti bahkan untuk satu detik atau seluruh jaringan akan terganggu. Untuk memastikan server dapat berjalan 24 jam tanpa gangguan, ia harus memiliki ruang sendiri.

Selain itu, Anda juga harus memastikan ruangan memiliki sistem pendingin udara yang baik sehingga suhu ruangan selalu terjaga. Ini tentu saja untuk membantu mendinginkan server mengingat panas yang dikeluarkan oleh server yang terus bekerja selama 24 jam. Hindari juga kerusakan kabel yang mungkin disebabkan oleh tikus.

·         Menyediakan sumber energi cadangan.

Jangan pernah lupa bahwa PC untuk server harus dihidupkan selama 24 jam, jadi penting bagi Anda untuk menyediakan sumber daya cadangan yang berbeda dari sumber daya yang terhubung ke komputer normal.

Tentu saja hal ini diantisipasi jika listrik tiba-tiba mati. Selain memiliki sumber daya cadangan, pastikan juga bahwa sumber daya akan menyala segera setelah daya mati. Server padam meskipun hanya hitungan menit atau bahkan detik akan menyebabkan kerugian yang signifikan.

Apakah anda yakin komputer  anda terbebas dari virus? 

·         Mencadangkan sistem secara teratur

Mencadangkan sistem secara teratur harus dilakukan di komputer server. Mungkin Anda terbiasa dengan sistem kloning, ya, Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti Acronis True Image Home (ATIH) untuk membuat cadangan.

·         Lakukan pencadangan otomatis di server database

Administrator database harus melakukan aktivitas pencadangan otomatis secara rutin di server database. Lebih baik membuat jadwal untuk pencadangan otomatis, sehingga semua data yang masuk ke komputer kapan saja akan aman, jika sewaktu-waktu gagal, galat, rusak, atau rusak Anda dapat segera memulihkan database.

·         Instal Antivirus

Menggunakan anti-virus sangat dianjurkan di komputer server. Antivirus sangat penting untuk mengamankan komputer Anda dari malware yang akan merusak sistem.

Disarankan untuk menggunakan antivirus terbaik dan pembaruan antrivirus harus sering dilakukan.

·         Gunakan proxy atau firewall

Menggunakan proxy atau firewall dapat membantu memastikan keamanan server. Program ini akan menjaga keamanan komputer server dan menghindari virus dan intrusi selama 24 jam. Program ini juga melindungi server dari data yang mencurigakan.

 Baca Juga :Tips Bebas Virus Berbahaya di Laptop dan Komputer

·         Mengurangi instalasi aplikasi

Metode ini merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan kinerja komputer server. Jika Anda ingin menginstal aplikasi, cukup instal aplikasi yang dianggap perlu dan diperlukan.


0 Response to "Tips Efektif untuk Merawat Komputer Server"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel