Cara Mudah Mengatasi Komputer yang Restart Sendiri

Cara Mudah Mengatasi Komputer yang Restart Sendiri - Apakah kamu pernah merasakan komputer kesayangnmu restart sendiri, dan membuat anda pusing karena kamu tidak tahu penyebabnya? Atau palah sering mengalaminya, dan bahkan membuat kamu merasa kesal atas kejadian ini? Nah di sini saya akan membagikan tips agar komputer anda tidak restar sendiri.

Cara-Mudah-Mengatasi-Komputer-yang-Restart-Sendiri

Dan berikut ini cara mudah mengatasi komputer yang restart sendiri:

·  Cek Daya pada Power Supply

Mirip dengan kendaraan yang butuh bahan bakar, komputer juga membutuhkan listrik untuk bisa beroprasi. Tegangan listrik di Indonesia, terutama di beberapa daerah seringkali naik-turun. Jika daya hantar listrik yang diterima oleh Power Supply kurang, niscaya komputer akan restart. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan stabilizer atau UPS. Sehingga suplay daya tetap terjaga meski tegangan listik naik/ turun.

Yang paling parah jika daya listrik tiba- tiba turun itu cukup berbahaya bagi komputer kalian, lebih parahnya dapat merusak komponen yang ada di komputer kalian

·   Cek Temperatur dalam CPU

Jika komputer kalian mengalami overheating maka dipastikan akan merestart sendiri, untuk mengatasi rusaknya beberapa komponen karena kepanasan. 

Jika anda menjalankan program yang cukup berat, apalagi hingga beberapa jenis program dan dalam waktu cukup lama, komputer bisa mengalami overheat. Untuk mengatasinya, sebaiknya jangan buka terlalu banyak program dalam waktu bersamaan. Matikan program yang tidak anda gunakan.

cara melihat komputer kalian overheating itu cukup mudah, dengan pergi kepengaturan lalu ke kontrol panel jika CPU kalian menunjukan angka diatas 80%bisa dipastikan komputer kalian mengalami overheating.

·  Cek Kipas dan Heatsink dalam CPU

Kipas dan heatsink yang bermasalah mengakibatkan kurang lancarnya proses pendinginan komponen dalam CPU, terutama processor. Periksa apakah kipas berputar dengan Baik. Bersihkan semua debu yang menempel pada Kipas dan heatsink. 

Jika setelah membersihkan semua debu, Kipas tetap tidak berputar dengan Baik atau tersendat-sendat, apalagi jika Kipas mati, segeralah ganti Kipas anda, sebelum komponen lain menjadi rusak karena overheating.

·   Cek Processor

Processor memiliki pengaturan yang akan merestar komputer sendiri jika mengalami overheating, untuk mengantisipasi kerusakan yang parah, Processor juga memiliki kipas pendingin sendiri. Biasanya processor panas disebabkan karena kipas pendingin mati,

Namun jika Kipas tidak bermasalah, dan heatsink juga bebas debu, cek pasta pada processor.

 Pada komputer yang sudah terlalu lama dipakai, kemungkinan pasta penyalur panas dari processor ke heatsinknya tersebut sudah menipis dan kering.

Maka anda harus menggantinya dengan pasta yang baru. Ada banyak pasta yang beredar dipasaran, dengan berbagai harga. Namun ada harga ada kualitas, sebaiknya jangan pakai yang murahan. Jika darurat anda bisa menggunakan pasta gigi, tapi hanya untuk beberapa hari saja jangan digunakan terus menerus.

·  Cek VGA

Jika VGA bermasalah, maka dipastikan komputer akan menampilkan bluescreen sebelum restart sendiri. Anda bisa membaca tulisan yang tertera pada layar saat bluescreen terjadi, untukmelihat penyebabnya. VGA terbaru bisanya memiliki kipas pendingin sendiri, jadi jika terjadi masalah pada VGA langkah yang kalian lakukan adalah cek kipas pada VGA apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Baca juga : Tips Efektif untuk Merawat Komputer Server

·  Cek Hardisk

Sama seperti pada VGA, kerusakan pada hardisk akan menampilkan bluescreen sebelum komputer restar sendiri. Adanya badsector pada hardisk bisa membuat data yang diperlukan processor tidak terbaca, hal ini bisa mengakibatkan komputer restar sendiri. 

Bahkan jika kerusakan pada hardisk terlalu parah, komputer tidak akan hidup sama sekali. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan checkdisk dan defragment pada hardisk kalian.

Tidak terbacanya data pada hardisk juga bisa disebabkan oleh kabel data yang rusak. Coba Cek sambungan kabel pada hardisk, pastikan terpasang dengan betul. Untuk mengeceknya coba gunakan kabel data yang lain.

·  Cek RAM

RAM yang bermasalah, biasanya akan menampilkan blue display atau sering kita sebut bluescreen. Rusaknya pada RAM akan mengakibatkan komputer tidak menyala sama sekali. Jika RAM bermasalah, anda bisa mencoba membersihkan pin-pinnya dengan penghapus pinsil. Lalu pastikan RAM terpasang dengan benar.

penyebab lain pada RAM adalah kapasitasnya yang rendah dan digunakan untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan itu juga dapat menyebabkan komputer akan restar sendiri, 

langkah yang harus dilakukan adalah dengan menambah kapasitas RAM atau juga jangan memasang program yang berat pada komputer dengan ram yang kecil.

Baca juga : Cara memperbaiki software HP yang Rusak

·  Cek Motive force/ Device yang terinstall

Motive force tidak kompatibel bisa mengakibatkan ketidakcocokan antara dengan device operasi, dan hal ini bisa menyebabkan komputer restart. 

Biasanya permasalahan ini juga akan menampilkan bluescreen. Cara mengatasinya dengan mencari program mana yang tidak kompatibel dengan komputer kita, dengan pergi ke pengaturan komputer anda lalu cari bagian kontrol panel.

Pemasangan  program yang tidak sesuai dengan spesifikasi , dan OS komputer anda juga bisa menyebabkan komputer restart. 

Misalnya menjalankan program yamg membutuhkan grafis, memori serta daya yang cukup tinggi padahal kapasitas komputer kita hanya standar, selain membuat komputer lag, hal itu juga bisa membuat komputer terlalu dipaksakan hingga restart.

Oleh karena itu,sebaiknya kamu pilih program yang sesuai dengan kinerja komputer kalian.

Jika komputer anda bukan keluaran terbaru, jangan paksakan untuk menginstall program terbaru.

Mungkin itu saja cara mudah mengatasi komputer restar sendiri

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Komputer yang Restart Sendiri"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel