5 Penyebab Komputer Mati Sendiri

5 Penyebab Komputer Mati Sendiri

5 Penyebab Komputer Mati Sendiri - Komputer mati sendiri dengan tiba-tiba saat dipakai pasti membuat terkejut. Terlebih jika komputer mati sendiri tanpa ada sebab yang pasti, apa lagi jika anda sedang melakukan pekerjaan tetapi belum tersimpan, pasti sedih,kesal serta kecewa bukan.

5-Penyebab-Komputer-Mati-Sendiri


Untuk masalah seperti itu cukup banyak yang merasakan. Bukan hanya komputer PC saja , laptop pun juga sering mengalami peristiwa yang sama juga.

Sedang untuk penyebabnya dapat beraneka ragam, dimulai dari komputer yang telah uzur atau berusia lama hingga bagian didalamnya yang gampang rusak, sampai dari sistem operasi yang jatuh atau memiliki masalah.

Untuk selengkapnya, di bawah ini penyebab komputer yang tiba-tiba mati saat digunakan.

1. Komputer jarang-jarang dibikin bersih

Pemicu pertama kali yang sering kali berlangsung ialah komputer jarang-jarang dibikin bersih hingga mengakibatkan debu-debu melekat di beberapa kompunen CPU. Sama seperti yang sudah dikenali jika elemen CPU yang kebanyakan debu yang melekat bisa punya pengaruh pada performa komputer tersebut.

Misalnya saja debu yang melekat di bagan pendingin komputer seperti pendingin komputer bisa menghalangi saluran udara yang semestinya bisa mendinginkan beberapa komponen komputer seperti prosesor. Akibatnya karena debu yang menimbun di kipas pendingin bisa membuat udara panas dalam komputer tidak bisa keluar hingga beberapa elemen komputer akan cepat panas. Oleh karena itum tidak heran bila komputer akan alami kerusakan bahkan juga sebelumnya booting berjalan.

2. Power suplai mulai hancur

Power suplai satu diantara bagian utama dalam komputer. Adanya power suplai ini, komputer akan memperoleh saluran listrik yang bisa hidupkan komputer tersebut. Bila power suplai alami kerusakan, karena itu konsumsi daya listrik ke sisi komputer akan menyusut atau bahkan juga raib benar-benar.

Power suplai yang alami kerusakan dapat berlangsung sebab banyak hal. Pertama kali terserang korsleting listrik atau juga bisa terserang kenaikan daya listrik yang didapat power suplai. Korsleting listrik dapat berlangsung saat Anda memakai power suplai yang dipisah dengan alat listrik yang lain dalam 1 saluran. Bila berlangsung korsleting listrik, bukan hanya elemen komputer saja yang akan hancur dan juga benar-benar beresiko sebab dapat mengakibatkan kebakaran.

3. Permasalahan di VGA

Peluang setelah itu ada permasalahan di bagian VGA. Sama seperti yang sudah dikenali bila VGA, adalah elemen komputer yang terkait dengan sisi grafis atau penampilan dalam komputer. Bila VGA alami permasalahan, karena itu penampilan dalam monitor komputer tidak ada atau cuman tampilkan blue screen saja. Bila ada tulisan yang tampil di dalamnya, karena itu seharusnya Anda catat info apakah yang keluar dari monitor. Beberapa masalah juga sempat berlangsung saat VGA alami kerusakan, yaitu komputer akan hidup sesaat lalu sesaat selanjutnya akan mati sendiri.

Umumnya, kerusakan di VGA semakin banyak berasal dari udara panas yang ada dalam CPU atau arti terkenalnya ialah overheating. Kecuali overheating, usia VGA juga bisa punya pengaruh pada performanya dalam komputer. Rerata VGA dalam CPU makin ke type Add-On atau dapat dilepaskan dari motherboard. Dengna demikian kita dapat menukar VGA tandap harus mengikutkan motherboard. Untuk makin aman lagi, seharusnya Anda memakai tipe VGA Card. Karena, peranan VGA card semakin banyak untungnya dibanding versus Add-on. Beberapa VGA yang dipakai untuk game, design grafis, serta film semakin banyak memakai VGA card.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Komputer yang Restart Sendiri

4. Permasalahan di Harddisk

Peluang selanjutnya ialah berlangsung persoalan di Harddisk. Peranan harddisk sendiri untuk simpan data-data komputer. Bila harddisk alami kerusakan, karena itu dapat jadi data-data yang Anda taruh sejauh ini dapat raib demikian saja. bahkan juga beberapa ciri harddisk alami kerusakan dapat disaksikan di saat hidupkan komputer saat booting.

Beberapa pemicu kerusakan harddisk dapat berbagai macam. dimulai dari bagian usia harddisk yang telah kelamaan, sering kali terserang korsleting listrik, sering kali terserang overheating, dan sebagainya. Jalan keluar untuk permasalahan ini dengan menukar harddisknya. Tipe harddisk sekarang ini ada 2, yaitu tipe SSD serta tipe HDD. Baik SSD atau HDD mempunyai kelebihan serta kekurangannya sendiri. Silahkan Anda pikirkan sendiri sesuai keperluan.

5. Terserang Virus

Virus di komputer benar-benar sangat menjengkelkan. Bukan hanya menghancurkan program-program yang ada dalam komputer, tapi dapat menghancurkan bagian komputer yang lain. Biasanya, virus komputer yang telah tiba membuat kerusakan di skema berarti sangat kronis. Salah satunya ciri-tanda komputer terserang virus ialah komputer terus mati sendiri saat baru dinyalakan. Virus di komputer benar-benar sangat menjengkelkan. Bukan hanya menghancurkan program-program yang ada dalam komputer, tapi dapat menghancurkan elemen komputer yang lain. Biasanya, virus komputer yang telah tiba membuat kerusakan di skema berarti sangat kronis. Salah satunya ciri-tanda komputer terserang virus ialah komputer terus mati sendiri saat baru dinyalakan.

Baca Juga : Cara Mudah Memperbaiki Software HP yang Rusak

Agar bisa menangani adanya virus ada 2 cara, yaitu dengan lakukan scanning secara detail atau lakukan intsal ulangi besar-besaran. Scanning secara detail dapat dilaksanakan pada kondisi save model. sedang instal ulangi baru dapat dilaksanakan saat langkah scanning tidak bisa dilaksanakan. Namun efek lakukan instal ulangi ialah seluruhnya program komputer akan raib.

Itu penyebab komputer mati sendiri. dari persoalan di atas, kita dapat simpulkan jika banyak unsur yang mengakibatkan komputer terus mati sendiri. Bila komputer Anda sering kali lakukan restart sendiri, seharusnya pelajari saja langkah menangani komputer restart sendiri. Mudah-mudahan artikel ini bisa berfaedah bagi kalian semua 


0 Response to "5 Penyebab Komputer Mati Sendiri"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel