Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor dan Siripnya Indah

Saat ini, trend memelihara ikan cupang kelihatannya sedang terkenal, ya, di tengah-tengah wabah sekarang ini. Banyak hal yang membuat warga mulai tertarik memelihara ikan hias ini yaitu karena kecantikan wujud, warna dan cara merawatnya yang termasuk gampang.

Cara merawat ikan cupang agar ekor dan sirip indah

Eit! Walau gampang, rupanya langkah perawatan yang kurang pas bisa membuat sirip dan ekor ikan cupangmu rusak. Padahal kecantikan sirip dan ekor ikan cupang ialah point utama penampilannya. Nach, ketimbang salah cara, simak 7 cara merawat ikan cupang yang baik dan benar di bawah ini, yok!

1. Ganti Air Dua Hari Sekali

Kebersihan serta kesehatan air akuarium ialah poin utama untuk jaga kecantikan ikan cupangmu, lho!

Oleh karena itu, ganti air dalam akuarium beberapa waktu sekali, alangkah baiknya mengganti airnya dua hari sekali.

ikan cupang punyai fisik yang gampang rusak. Maka pastikan untuk memindahkannya dengan berhati-hati saat menguras air dalam akuariumnya, ya!

2. Pindahkan ikan cupang tanpa menyentuhnya

Memindahkan ikan cupang berbarengan dengan sedikit air lebih disarankan dibanding memindahkan ikan cupang dengan tangan maupun dengan jaring. Hal ini untuk kurangi resiko sirip atau ekor yang rusak atau patah saat tersentuh.

3. Beri pakan hidup dibanding pakan kering

Apakah kamu biasa memberi ikan cupangmu pakanan kering seperti pelet? Tahu tidak sich, memberi ikan cupang pakanan hidup seperti jentik nyamuk, ulat, cacing, atau kutu air lebih bagus untuk menjaga kesehatannya, lho!

4. Beri daun ketapang kering dalam air sebagai antibiotik

Sirip atau ekor ikanmu cedera? Tenang, kamu dapat menyembuhkannya dengan memberika daun ketapang kering pada airnya. Ya, daun ketapang ialah antibiotik alami untuk ikan cupang. Dengan memberi daun ketapang di air akuarium, ph di air makin lebih maksimal dan baik untuk rekondisi ikan cupangmu.

5. Beri garam khusus ikan hias dalam airnya

Garam yang dimaksud bukan garam dapur yang umum kamu pakai untuk mengolah, ya. Garam ini ialah garam khusus untuk ikan hias yang perannya untuk menyamakan osmosis pada tubuh ikan cupang. Garam ini sanggup membantu penyembuhan cedera dan memantapkan metabolisme badan ikan cupangmu.

Tidak boleh kebanyakan menaburkannya! Kamu cukup menaburkan garam sekitar 0,1% dari keseluruhnya air dalam akuarium, kok.

6. Beri metil biru saat ikan ekor atau sirip ikan cupang patah

Patahnya sirip atau ekor ikan cupang tentu membuat kita cemas! Tetapi tenang saja, kamu dapat menolong proses penumbuhan kembali ekor atau sirip ikan cupangmu menjadi lebih cepat, kok!

Triknya, beri metil biru seperlunya pada air akuarium. Hasilnya, proses rekondisi ikan cupangmu dapat berjalan bisa lebih cepat bahkan juga kurang dari 1 minggu bergantung dari tingkat kerusakannya.

7. Cara mengobati ikan cupang yang lemas atau sakit

Ikan cupang yang lemas dapat mengisyaratkan jika ia sakit, nih.

Untuk menjaganya, kamu dapat memberi beberapa tetes metil biru, garam ikan hias, obat tetra clor, dan pomate seperlunya pada air akuarium. Aduk sampai rata dan masukan ikan cupang ke air yang telah dikasih obat di atas.

Nach, itu dia 7 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor dan Siripnya Indah. Selamat memelihara ikan cupang hias.

Post a comment for "7 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor dan Siripnya Indah"