Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berternak Ikan cupang dengan benar, pemula wajib baca !

Jika anda sedang membaca artikel ini dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tentang berternak ikan cupang, maka langkah anda sudah tepat karena artikel kali ini akan membahas cara mudah berternak ikan cupang dengan benar.

Cara berternak ikan cupang itu memang gampang – gampang susah, apa lagi bagi para pemula yang belum paham tentang cara berternak ikan cupang dengan benar. Sebelum anda melangkah lebih jauh untuk memulai usaha berternak ikan cupang alangkah baiknya anda membaca artikel ini sampai selesai.

cara berternak ikan cupang
ilustrasi : sukkabelajar

Langka – langkah berternak ikan cupang dengan benar :

1. Pilih Indukan Ikan Cupang

Langka pertama adalah kita harus bisa memilih dan membedakan indukan ikan cupang, mana indukan jantan dan mana indukan betina, berikut ciri – ciri indukan yang bagus:

·         Jantan

- Siripnya panjang dan berwarna terang
- Bentuk badannya panjang
- Gerakannya lincah

·         Betina

- Siripnya pendek dan warnanya kusam
- Bentuk badannya lebih bulat
- Gerakannya lambat

Indukan jantan yang bagus bisa mulai dibudidayakan pada usia 4 - 8 bulan, sedangkan indukan betina pada usia 3 – 4 bulan.

2. Menyiapkan Tempat Pemijahan dengan Air yang Bersih

Setelah mendapatkan indukan yang baik, langkah selanjutnya adalah proses pemijahan. Pada proses ini anda hanya perlu menyiapkan baskom atau akuarium, dan gunakan air sungai yang jernih dan diamkan selama semalaman. Lalu beri tanaman air untuk tempat berlindung anakan ikan cupang nantinya.

3. Masukan Indukan Jantan yang Siap Kawin

Langkah selanjutnya adalah memasukan indukan jantan yang sudah kita siapkan tadi dan diamkan selama semalaman agar si pejantan membuat gelembung – gelembung udara yang digunakan untuk menaruh telur – telur hasil pembuahan nanti.

4. Masukan Indukan Betina

Jika gelembung – gelembung sudah siap, langkah selanjutnya adalah memasukan indukan betina, pemijahan ikan cupang biasanya terjadi pada jam 7 – 10 pagi sampai 4 – 6 sore. Perlu anda ketahui ikan cupang memiliki sifat sensitif jadi biarkan ikan cupang di tempat yang tenang agar tidak terganggu.

Sekedar informasi indukan jantan bisa di kawinkan hingga 8 kali dengan interval waktu 2 – 3 minggu, sedangkan betina disarankan hanya dikawinkan sekali saja.

5. Angkat Indukan Betina dari Tempat Pemijahan

Setelah terjadi pembuahan, angkat indukan betina, karena ikan cupang jantan yang berperan menjaga telurnya, telur tersebut nantinya akan dipindahkan ke dalam gelembung oleh ikan cupang jantan. Jika tidak di pindahkan, ikan cupang betina biasanya akan memakan telurnya tersebut.

6. Telur Menetas dan Berikan Kutu Air (Monia atau Daphnia)

Setelah 3 hari maka telur tersebut akan menetas, diamkan anakan cupang tersebut selama 3 hari sebab nutrisi dalam telur masih ada, barulah setelah 3 hari berikan kutu air dengan jumlah yang sedikit saja, jika terlalu banyak maka nantinya akan mengotori air dalam wadah tersebut.

7. Ambil Indukan Jantan

Untuk langkah selanjutnya adalah memindahkan indukan jantan setelah 2 minggu sejak telur menetas. Lalu pindahkan anakan ikan cupang tersebut ketempat yang lebih luas dan berikan kutu air dan larva nyamuk untuk sumber makanannya.

8. Pilah Ikan Berdasarkan Jenis Kelamin

Setelah 1.5 bulan biasanya anakan ikan cupang sudah berkembang dengan semburna dan bisa di bedakan jenis kelaminnya.

Itulah langkah – langkah berternak ikan cupang dengan benar, biasanya ikan cupang akan mengeluarkan 100 telur dalam sekali pembuahan. Namun dalam 100 telur tersebut biasanya yang akan menetas hanya 30 – 50 telur saja.

Penutup

Semoga langkah dalam berternak ikan cupang ini dapat bermanfaat bagi Anda semua . Sekian Terima kasih

Post a comment for "Cara Berternak Ikan cupang dengan benar, pemula wajib baca !"