Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akutansi Biaya Kunci Jawaban Lengkap

 

Akutansi kos

1.      Jelaskan secara singkat hubungan antara Akuntansi kos dengan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan?

Kesimpulan saya setelah membaca modul yaitu :

·         Akuntansi Keuangan fokus terhadap eksternal yaitu ada aturan (SAK); orientasi historis; global; menyeluruh; finansial, dan objektif. Dan juga laporan Laba Rugi; Neraca; Aliran Kas; dan Perubahan Kekayaan Pemilik.

·         Akuntansi Manajemen berfokus terhadap faktor internal yaitu fleksibel orientasi masa depan detail per bagian; finansial non finansial; dan cenderung subjektif.

·         Akuntansi Kos fungsinya sebagai database bagi kedua jenis akuntansi dalam rangka menghasilkan laporan.

Kesimpulan : akutansi kos sebagai database dari akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Untuk membuat laporan keuangan, manajemen memerlukan data mengenai penjualan dan biaya-biaya (expenses) yang berkaitan dengan kos produk terjual (cost of goods sold) dan biaya operasi (operating expenses). Informasi penjualan dan biaya dapat disediakan oleh akuntansi kos. Demikian pula ketika manajemen menyusun neraca diperlukan perhitungan mengenai kos produksi per unit.

2.      Perusahaan Sumber Mulya merupakan perusahaan yang memproduksi sepatu yang beralamat di Kota Bandung, sebutkan kos yang timbul pada saat memproduksi sepatu?

-          Biaya perlengkapan : pensil alat catat, kaki tiga, pisau cutter, tinta perak, tang catut, lem fox sintetis, palu, gunting, paku dll.

-          Biaya bahan baku : benang jahit, kulit, kain lapis, sol luar, kertas manila, vinil, spon ati, amplas,  paper tape, dan texon.

-          Biaya penggunaan mesin dan listrik

-          Biaya Tenaga kerja

3.      Jelaskan menurut saudara perbedaan kos terkendali dan kos tidak terkendali dan berikan contoh masing-masing kos tersebut?

 

·         Biaya terkendali yaitu biaya yang keluar di setiap periode dan tidak bergantung pada keberlangsungan proses produksi barang atau jasa. Contoh biaya sewa gedung, gaji karyawan,pajak, asuransi dll

 

·         Biaya tidak terkendali yaitu biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan secara berubah-ubah yang didasarkan pada perubahan jumlah produk yang diproduksi. Misalnya biaya bahan baku , biaya tenaga kerja langsung dalam bentuk upah kepada karyawan  dan biaya pengemasan produk.

 

Sumber : MODUL 1  EKMA4315 dan MATERI INISIASI 1

Post a comment for "Akutansi Biaya Kunci Jawaban Lengkap"