Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Cupang Hellboy : Jenis, Ciri-ciri, Cara Merawat, Hingga Harga

Jika Anda sedang mencari informasi tentang Ikan Cupang Hellboy : Jenis, Ciri – Ciri, Cara merawat, Hingga harga maka langkah yang Anda lakukan sudah tepat. Simak artikel ini sampai selesai, bacalah dengan seksama agar tidak ada informasi penting yang terlewat.

Ikan-Cupang-Hellboy-Jenis-Ciri-ciri-Cara-Merawat-Hingga-Harga
ilustrasi : Ikan Cupang Hellboy : Jenis, Ciri-ciri, Cara Merawat, Hingga Harga

Ikan Cupang Hellboy

Ada banyak jenis ikan cupang, jenis cupang Hellboy adalah yang paling stabil harga dan peminatnya dari tahun ke tahun meskipun ada banyak jenis cupang baru bermunculan. Apa yang membuatnya tetap diminati di tengah banyakya ikan cupang cantik saat ini? Ayo kenali lebih dalam.

1. Apa Itu Ikan Cupang Hellboy

Disebut Hellboy karena punya warna merah. Hell artinya neraka, boy artinya lelaki (bocah). Cupang hellboy diartikan fisiknya seperti bocah neraka yang berwarna merah, yakni identik dengan api dan sesuatu yang garang.

Ikan cupang hellboy ini memang berwarna perpaduan merah hitam sempurna sehingga nampak seperti penghuni neraka.

Tentu Anda pernah melihat gambar atau ilustrasi penghuni neraka, mereka berwarna merah kehitaman berdampingan dengan api. Seperti itulah gambar warna dari cupang hellboy. Tubuhnya kekar dan tegas, sehingga diberi sebutan boy (lelaki).

A. Habitat

Cupang sebenarnya bisa ditemukan di perairan Asia Tenggara seperti Thailand, Indonesia, dan Malaysia, yakni di air yang masih alami kondisinya dengan arus yang tenang seperti danau, telaga, atau rawa-rawa. Namun cupang yang punya warna 100% hellboy kemungkinan tidak ada di alam karena berasal dari jenis persilangan atau hasil kawin silang breeder.

B. Reproduksi

Reproduksi cupang hellboy berasal dari kawin silang jenis plakat, dijodohkan dengan cupang lain yang warnanya beragam dengan dominan merah seperti koi dan fancy hingga menghasilkan anakan berwarna dasar merah.

Saat ini cupang hellboy banyak dikembangkan breeder, jadi warnanya pun menjadi lebih beragam, tidak hanya hitam merah saja namun juga ada warna hiasan lain. Jika dikawinsilangkan dengan jenis atau warna lain, memang cupang hellboy ini warnanya bisa berubah, tidak hanya dominan hitam merah.

2. Ciri-ciri Ikan Cupang Hellboy

A. Warna

Cupang hellboy pada dasarnya berwarna hitam dan merah. saat masih kecil atau burayak usia 2 bula, warnanya masih belum jelas atau besgel, ia memang jenis cupang mutasi yang warnanya akan berubah ketika dewasa.

Saat belum dewasa, warna merahnya sudah terlihat, siripnya seringkali berwarna biru, juga mata dan sebagian ekornya.

Namun semakin dewasa, warna biru tersebut akan terus menggelap menjadi hitam sempurna.

Ada beberapa jenis warna baru di tubuh cupang hellboy, berasal dari kawin silang, berikut jenisnya :

Hellboy Blue Startail

hellboy blue startail

Tubuhnya berwarna merah dominan dengan warna hitam di sekitar badan atas, ciri khasnya punya pola unik bergambar bintang berwarna biru di ekornya, harus warna biru, sebab itu dinamai hellboy blue startail sesuai ciri fisik yang ada di tubuhnya. Jenis cupang hellboy berbintang ini yang paling mahal, semakin jelas gambar bintangnya maka akan semakin tinggi harganya.

Hellboy Fancy

hellboy fancy

Cupang fancy yang terkenal akan keindahan warna gradasinya juga membuat hellboy jadi lebih berwarna, memang jenis ini berasal dari kawin silang hellboy sempurna dengan fancy grade tinggi, sehingga berwarna merah dasar dengan sisik halus berwarna putih dan biru muda yang tidak merata. Warnanya terlihat bergradasi dan lebih hidup.

Hellboy Blood

hellboy blood


Jenis warna cupang hellboy selanjutnya ialah merah darah. Perpaduan warnanya beragam, ada yang putih dan biru muda ekornya, ada juga yang hitam dan putih di bagian sirip dan ekornya. Inti dari jenis ini ialah warna dasar tubuhnya berwarna merah darah, lebih pekat dari hellboy biasa yang warna merahnya cenderung terang.

 

Hellboy Super Red


hellboy super red

Ialah cupang hellboy yang seluruh tubuhnya berwarna merah, tidak ada perpaduan warna hitam atau lainnya. warna matanya bening atau putih, tidak berwarna hitam seperti jenic cupang hellboy lainnya.

Hellboy Yellow


hellboy yellow


Cupang hellboy ini lain dari yang lain, sangat berbeda dan tidak sesuai dengan identitas hellboynya yang berwarna dasar merah. warnanya adalah kuning, dengan kombinasi hitam dan putih. Anda bisa membedakan jenis ini dengan cupang plakat super yellow dari warna matanya. Jika matanya bening atau putih ia adalah cupang plakat atau jenis lain, bukan hellboy. Matanya harus berwarna hitam.

Hellboy Fancy Copper

hellboy fancy copper


Cirinya punya warna sisik berkilat seperti tembaga, yakni putih keemasan. Warnana tubuhnya merah dengan mata hitam dan sisik yang akan terlihat bercahaya saat berada di ruangan terang.

Hellboy Meat


hellboy meat


Ialah jenis cupang hellboy dasar. Berwarna merah dengan perpaduan hitam yang acak di tubuhnya. Ia adalah sumber dari segala jenis cupang hellboy, yakni ia awalnya yang dikawin silangkan dengan beragam jenis lain hingga menghasilkan berbagai warna cupang hellboy.

Mungkin masih ada jenis warna lainnya karena memang banyak kawin silang cupang dilakukan oleh breeder, bukan tak mungkin Anda akan menemukan jenis warna lain di pasaran.

B. Bentuk Tubuh

Cupang helboy terlihat garang dan gagah tubuhnya, bentuk kepalanya seperti peluru dengan moncong yang lebih lancip. Siripnya membentuk setengah lingkaran dan mengembang sempurna saat ia berenang sedang sirip atasnya mungil dan bergerombol. Bentuk tulangnya tegas.

C. Mata

Dikatakan jenis cupang hellboy jika warna matanya hitam pekat. Ada jenis cupang hellboy lain yang juga berwarna merah seperti cupang hellboy super red, namun matanya berwarna putih atau bening, jadi Anda bisa mengigat ciri khas cupang hellboy dari warna matanya.

3. Harga Ikan Cupang Hellboy

Untuk harga dari Ikan Cupang Hellboy sendiri sangat beragam. Harga di pasaran mulai dari Rp 50.000 sesuai ukuran dan corak warnanya.

Anda bisa survey tersendiri dibeberapa marketplace maupun penjual online yang menjual ikan cupang terpercaya. Selain itu manfaatkan juga untuk melihatnya secara langsung dipenjual offline.

Tertarik untuk membudidayakan untuk skala besar? pahami terlebih dahulu teknis yang tepat pada artikel Cara Ternak Ikan Cupang.

4. Cara Merawat Ikan Cupang Hellboy

A. Makanan Ikan Cupang Hellboy

Cupang hellboy bisa memakan beragam variasi makanan, Anda bisa memberinya pellet yang dipotong kecil, atau makanan hidup beku seperti daphnia, jentik nyamuk, udang air asin, dan cacing darah.

Mereka bisa mengunyah tumbuhan yang ada di akuarium atau ikan lain yang lebih kecil jika ada kesempatan, sebab itu lakukan penataan yang baik di akuarium agar ia tidak makan sembarangan.

B. Setup Akuarium

Perhatikan kebutuhan tempat tinggal cupang hellboy sebelum Anda membelinya. Ikan cupang hellboy bisa hidup 3 sd 5 tahun jika berada di lingkungan yang nyaman. Berikan akuarium berukuran tepat yang bisa memberinya ruang berenang luas, yakni:

aquarium cupang fancy

Akuarium berbentuk memanjang ke samping

Bukan bentuk vertikal yang memanjang ke atas, sebab kadang cupang naik ke atas untuk bernapas, jika terlalu tinggi akuariumnya maka ia kan kesulitan dan stress.

Memberikan akuarium ukuran kecil untuknya membuatnya susah tumbuh, umumnya ikan cupang hellboy yang sehat bisa mencapai 7 cm.

Lebih baik memakai akuarium cukup besar yang lebih tahan pada perubahan suhu, akuarium ukuran luas juga tidak akan membuat cupang hellboy jadi agresif karena ia telah punya cukup wilayah atau tidak berdempetan dengan penghuni akuarium lain.

Sehingga Anda bisa menambah hewan lainnya selain ikan ke akuarium dan mereka akan tetap bisa hidup berdampingan bersama dengan nyaman.

Berikan pula air bersih yang diganti secara teratur. Dan suhu terbaik untuk mereka bisa tetap hidup adalah 24 – 26 derajat celcius. Intinya set up akuarium untuk ikan cupang hellboy adalah semakin berkualitas dan tepat ukuran akuariumnya maka ia akan semakin sehat dan bahagia.

c. Memberikan Vitamin Ikan Cupang

Kualitas ikan cupang sangat ditentukan dari survival rate dan tingkat kegesitannya juga.

Selain memang menawan dari sisi warna dan bentuk, Ikan cupang diberikan vitamin ikan cupang yang lebih menunjang pertumbuhannya.

Vitamin ikan cupang yang tepat pastikan terbuat dari bahan organik. Salah satunya Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan yang mengandung salah satu bakteri premium yaitu micrococcus rosseous yang sangat berguna untuk menjaga kecerahan warna ikan cupang.

vitamin ikan cupang

Anda bisa mengaplikasikan vitamin ikan cupang GDM dengan cara:

Melarutkan sebanyak 5 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan pada setiap 1 liter air aquarium.

  • Kemudian aduk hingga larutan mencampur secara homogen.
  • Pastikan penggunaan vitamin ikan cupang GDM dilakukan setiap kali anda ingin mengganti air.
  • Jangan lupa untuk memantau suhu air, dan disarankan mengganti air setiap 4 sampai 6 hari sekali.
  • Ikan cupang untuk kontes maupun untuk koleksi pribadi sangatlah butuh perawatan yang konsisten dan terlebih harus optimal.
  • Maka dari itu Anda bisa berkonsultasi dengan tim Ahli kami mengenai perawatan ikan cupang secara tepat dan juga dosis

Post a Comment for "Ikan Cupang Hellboy : Jenis, Ciri-ciri, Cara Merawat, Hingga Harga"